Waspada Berjemur yang Bisa Mengakibatkan Kematian | Breaktime
Hobi Berjemur, Waspadai Serangan Kanker Kulit!
10.07.2015

Sesekali berjemur sebenarnya bukanlah hal yang patut untuk dicemaskan, apalagi tubuh juga membutuhkan sinar matahari untuk memperlancar proses metabolismenya. Akan tetapi, bisa berakibat fatal apabila Anda sering berjemur tanpa memakai pelindung, seperti halnya tabir surya.

Menurut Professor Sharon Manne dari Centre Cancer Prevention and Control Program di New Jersey, Amerika Serikat,  penyebab timbulnya kanker kulit yang mematikan adalah karena banyaknya paparan sinar ultraviolet secara langsung ke kulit tanpa adanya pelindung atau perantara.

Untuk proteksi diri dari kanker, aplikasikan sunblock sebelum berjemur
Untuk proteksi diri dari kanker, aplikasikan sunblock sebelum berjemur

Selain hal tersebut, bagi Anda yang bekerja di dalam ruangan dan jarang mendapatkan sinar matahari secara langsung, berjemur tidak disarankan jika belum melakukan persiapan yang matang sebelumnya. Sebuah penelitian yang diunggah pada New England Journal of  Medicine menjelaskan bahwa sengatan matahari yang tiba-tiba bagi Anda yang bisanya bekerja di dalam ruangan, bisa meningkatkan risiko munculnya kanker kulit seperti melanoma.

Dr Barney Kenet, seorang dermatologist dari New York, mendukung pernyataan sebelumnya bahwa paparan matahari secara langsung ke kulit bisa menyebabkan bintik-bintik hitam dan juga kanker kulit, yang ditandai dengan munculnya tahi lalat.

Kenet memberikan saran kepada Anda yang ingin tetap melakukan sunbathing untuk memakai tabir surya yang berkualitas. Selain itu, jangan terburu-buru untuk langsung ‘terjun’ berjemur di panasnya matahari yang sangat terik. Berikan waktu untuk kulit beradaptasi dengan matahari dan mempersiapkan mekanisme pertahanan diri.

Share This Article