Hindari Terlalu Banyak Nonton TV, Ini Akibatnya! | Breaktime
Hindari Terlalu Banyak Nonton TV, Ini Akibatnya!
10.02.2017

Hayoo, seberapa lama Anda biasanya menghabiskan waktu di depan televisi dalam sehari, nih, B’timers? Semakin banyaknya pilihan acara yang ditayangkan, membuat kita semakin betah duduk di depan layar. Mulai dari acara olahraga yang penuh semangat, film yang penuh intrik, hingga acara televisi yang dapat mengocok perut. Namun hati-hati, lho, B’timers, karena dengan terlalu banyak nonton TV bisa berakibat buruk untuk kesehatan Anda. Di bawah ini dampak negatif yang akan Anda dapatkan jika terlalu banyak menonton TV yang perlu diketahui, B’timers!

Hindari Terlalu Banyak Nonton TV, Ini Akibatnya! | Breaktime
Terlalu banyak nonton, bisa bikin berat badan meningkat

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Australia, disimpulkan bahwa apabila seseorang menonton TV terlalu lama akan berisiko mengurangi usia mereka. Apabila Anda menonton selama 6 jam dalam sehari, maka akan mengurangi usia Anda sebanyak 4,8 tahun. Hal yang sama diungkapkan oleh penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health, bahwa setiap orang yang berusia 25 tahun ke atas, di saat mereka menonton TV setiap jamnya akan mengurangi umur mereka sebanyak 22 menit.

Selain berisiko dapat mengurangi usia hidup seseorang, menonton televisi terlalu lama juga dapat bikin kita semakin kurang tidur, lho, B’timers. Jika Anda menonton TV selama satu jam, maka akan membuat jam tidur Anda berkurang sebanyak 7 menit. Terlebih jika Anda memasang televisi di dalam kamar tidur, B’timers. Untuk mereka yang memiliki televisi di dalam kamar tidur, maka akan berisiko mengurangi 30 menit jam tidur mereka. Efek buruk ini bakalan semakin tinggi dialami oleh anak laki-laki.

Dampak negatif dari terlalu banyak menonton TV juga dirasakan oleh para pasien yang sedang menjalani pengobatan untuk kanker kolorektal. Pasien yang menonton televisi terlalu banyak sebelum terdiagnosis akan lebih mungkin meninggal dalam kurun waktu 5 tahun. Hal ini dibandingkan dengan pasien lain yang kurang atau sama sekali tidak menonton televisi, B’timers. Well, namun hasil tersebut turut diambil juga dari kebiasaan hidup sehat dan pola makan yang dilakukan pasien pada tahap pengobatan.

Hindari Terlalu Banyak Nonton TV, Ini Akibatnya! | Breaktime
Hati-hati! Dampingi buah hati setiap menonton TV, ya?

Menurut studi yang diterbitkan dalam British Journal of Sport Medicine, yang dilakukan oleh peneliti dari Harvard School of Public Health, menyimpulkan bahwa pria dengan gaya hidup modern, terutama kaum pria yang sering menonton televisi terlalu lama, terbukti memiliki jumlah sperma 44 % lebih rendah jika dibandingkan yang menghabiskan waktu lebih sedikit di depan TV. Sebaliknya pria yang rutin melakukan latihan fisik setidaknya 14 jam seminggu memiliki jumlah sperma yang lebih tinggi, B’timers.

Yang membuat televisi sangat buruk bagi anak-anak adalah bisa membuat tingkat kecerdasan menurun, lho, B’timers. Menurut penelitian yang dilakukan di Johns Hopkins University, dengan dipimpin oleh Dina Borzekowski, ditemukan bahwa anak-anak yang menonton televisi lebih dari 2 jam dalam sehari secara signifikan menunjukkan memiliki kemampuan kognitif yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tak menghabiskan banyak waktu untuk menonton televisi. Nah, terbukti TV bikin kita bodoh.

Pada tahun 1960 profesor Rowel Huesmann melakukan sesi dokumentasi tentang efek kekerasan media terhadap anak-anak. Dan yang mengejutkan, sekitar 10 tahun kemudian ditemukan adanya hubungan antara kekerasan di media dengan kekerasan yang terjadi di dunia sebenarnya, B’timers. Anak-anaklah yang suka menonton TV terlalu lama cenderung menunjukkan perilaku yang lebih agresif dibandingkan mereka yang sama sekali tak nonton TV. Bahkan ancamannya sama dengan risiko kanker!

Itulah akibat negatif yang akan kita dapatkan jika terlalu banyak menonton TV, B’timers. So, mulai dari sekarang batasi waktu menonton TV, ya? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE