Hindari Rasa Ngantuk di Siang Hari | Breaktime
Hindari Rasa Ngantuk di Siang Hari dengan Tips Ini
26.12.2015

Setiap orang tentu pernah merasakan ngantuk di siang hari, termasuk B’timers. Namun, ada yang merasakan ngantuk berlebihan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti pekerjaan, mengasuh anak, bahkan waktu liburan atau bersantai sekalipun. Ini disebut dengan hypersomnia, keadaan di mana seseorang selalu merasa ingin tidur, bahkan di tempat kerja.

Sebenarnya, semua berawal dari tidur Anda saat malam hari. Tidur yang kurang atau tidak nyenyak sangat berpengaruh terhadap Anda keesokan harinya. Itu bisa membuat tubuh Anda terasa lemas dan bahkan mengganggu mood Anda. Untuk mengatasi rasa ngantuk yang berlebihan di siang hari, berikut tips yang bisa Anda lakukan:

Tidur malam yang cukup

Tak bisa dipungkiri, kita sering menghabiskan satu atau dua jam untuk melakukan sesuatu sebelum tidur. Padahal, waktu tidur benar-benar harus tercukupi. Remaja membutuhkan waktu tidur 9 jam penuh, sementara orang dewasa membutuhkan 8-9 jam.

Hindarkan hal-hal yang mengalihkan perhatian

Khususkan tempat tidur Anda untuk tidur dan seks, demikian menurut Avelino Verceles, MD, assistant professor di University of Maryland School of Medicine. Sebaiknya hindari membaca, menonton TV, bermain video game, atau menggunakan laptop di tempat tidur sebab akan membuat Anda lebih susah tidur.

Jadwalkan waktu tidur yang teratur

Pergi tidur dan bangun pagi di jam yang sama dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Perlahan, Anda pun bisa membiasakan diri tidur lebih awal setiap malamnya, misalnya 15 menit lebih awal. Ini membuat Anda lebih mudah membiasakan diri dengan jam tidur baru.

Hindari Rasa Ngantuk di Siang Hari | Breaktime
Olahraga juga dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak

Menjalankan pola makan yang sehat

Tak hanya waktu tidur, waktu makan juga membantu mengatur jam biologis tubuh. Mengonsumsi sarapan dan makan siang yang sehat dapat mencegah Anda kekurangan energi di siang hari, di mana itu bisa menyebabkan rasa ngantuk yang berlebihan.

Melakukan olahraga secara rutin

Olahraga rutin, sekitar 30 menit per hari, dapat membuat Anda lebih mudah tertidur dan juga tidur dengan lebih nyenyak. Olahraga juga memberi Anda lebih banyak energi di siang hari dan membuat Anda bisa berpikir dengan lebih tajam.

Tidur saat sudah sangat mengantuk

Jika Anda pergi tidur hanya karena merasa capek, kemungkinan Anda sebenarnya belum ingin tidur. Bedakan ketika Anda benar-benar ngantuk dan ingin tidur, atau sekedar merasa capek. Anda akan jauh lebih gampang tertidur saat benar-benar merasa ngantuk.

Untuk membuat Anda merasa nyaman sebelum tidur, Anda juga bisa melakukan ritual menjelang tidur. B’timers bisa bermeditasi, mandi air panas, mendengarkan musik atau membaca buku. Tidurlah dengan lampu kamar dimatikan sebab suasana gelap terasa lebih nyaman dan menenangkan, sehingga tidur Anda pun jadi lebih nyenyak. (md)

Share This Article