Hindari Gejala Kolestrol Tinggi dengan Cara Ini! | Breaktime
Hindari Gejala Kolestrol Tinggi dengan Cara Ini!
03.11.2016

Kolesterol adalah jenis lemak yang terdapat dalam darah. Kolesterol atau lemak darah sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol sendiri bisa terbentuk dari dalam tubuh atau bisa juga dari makanan yang Anda konsumsi. Banyak gejala kolesterol tinggi yang Anda alami.

Kolesterol juga terdiri dari beberapa jenis, yaitu LDL dan HDL. LDL adalah jenis kolesterol jahat yang mampu meningkatkan resiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. HDL adalah jenis kolesterol baik untuk mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol tinggi bisa menyerang siapa saja, tidak hanya orang tua tetapi juga bisa menyerang usia muda. Penyakit ini juga bukan merupakan penyakit yang ringan. Mengingat dampak yang bisa ditimbulkan, penyakit ini harus cepat ditangani.

Baca juga : TIPS ALAMI UNTUK ATASI GEJALA KOLESTEROL TINGGI!

Untuk mengatasi kolesterol tinggi, yang pertama kali harus diketahui adalah tanda-tanda yang muncul. Apa saja tanda-tanda seorang penderita kolesterol? Inilah B’timers beberapa gejala kolesterol tinggi yang sering timbul.

  • Mual : kondisi ini bisa juga menjadi gejala kolesterol tinggi, oleh kerena itu jika Anda mengalami mual atasi dengan minum air hangat.
  • Nyeri di leher : Anda akan mengalami rasa sakit ketika menggerakkan leher atau saat menengok. Nyeri leher untuk penderita kolesterol tinggi akan datang secara tiba-tiba.
  • Muka merah : warna kulit Anda akan mengalami perubahan, khususnya pada area wajah. Merah yang terjadi seperti orang yang terkena alergi.
  • Kram kaki : kram sebenarnya bisa terjadi dimana saja. Jika Anda mengalami kram maka lakukan perileksan tubuh terutama pada bagian yang kram.
  • Sakit kepala : rasa pusing juga bisa menjadi gejala Anda mengalami kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena Anda kurang istirahat.
  • Kesemutan : gejala yang sering dialami adalah kesemutan. Bisa Anda mengobatinya dengan meminum air putih atau juga akan hilang dengan sendirinya.
Hindari Gejala Kolestrol Tinggi dengan Cara Ini! | Breaktime
Kolesterol tinggi beresiko Anda terserang penyakit jantung

Nah, itu dia gejala-gejala yang biasanya terjadi jika Anda mengalami kolesterol tinggi. Namun, gejala-gejala tersebut masih umum dan bisa mengacu pada gangguan kesehatan lainnya. Jika ingin lebih jelas, sebaiknya Anda melakukan check-up kesehatan pada dokter. Atau Anda juga bisa mencegah dan mengobatinya dengan beberapa cara berikut ini, B’timers.

Baca juga : CARA MENGATASI ASAM URAT DENGAN BAHAN ALAMI

1.Jaga asupan makanan

Cara pertama untuk mengatasi gejala kolesterol tinggi adalah dengan menjaga asupan makanan dan mengatur pola makan dengan baik. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung lemak sehat seperti oat. Anda juga perlu menjaga atau memperbaiki pola makan yang teratur sebanyak tiga kali dalam sehari.

2. Kurangi rokok dan alkohol

Mengurangi kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol tidak hanya baik untuk mengatasi kolesterol tinggi tetapi juga untuk kesehatan organ tubuh yang lain. Mengurangi kebiasaan merokok dan minum minuman yang beralkohol mampu meningkatkan dan memperbaiki kinerja kolesterol baik dalam darah.

Hindari Gejala Kolestrol Tinggi dengan Cara Ini! | Breaktime
Konsumsi makanan sehat untuk mengatasi kolesterol tinggi

3. Olahraga

Olahraga memang menjadi kunci utama untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Lakukan olahraga apapun yang Anda sukai untuk mengatasi kolesterol tinggi. Lakukan hal ini secara rutin dan teratur untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

4. Obat alami

Terakhir adalah dengan mengonsumsi bahan-bahan herbal alami. Mungkin rasa yang ditimbulkan tidak terlalu mengundang selera. Namun, hal ini dilakukan demi kesehatan Anda. Bahan-bahan alami yang bisa dijadikan obat kolesterol tinggi antara lain mengkudu, kulit manggis, daun sukun, dan biji rami.

Kini Anda telah mengetahui gejala kolesterol tinggi yang sangat beresiko. Dengan begitu, Anda bisa mencegahnya dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas B’timers. Tetap jaga kesehatan tubuh Anda, ya! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE