Kiat Sukses Mengusir Dehidrasi saat Berpuasa | Breaktime
Hindari Dehidrasi Selama Puasa, Coba 4 Cara Ini
10.07.2015

Bukan rahasia lagi kalau puasa adalah salah satu aktivitas yang menyehatkan karena pencernaan akan beristirahat untuk sementara waktu. Sayangnya, puasa kadang juga menyebabkan lemas dan dehidrasi yang berujung pada menurunnya performa tubuh.

Supaya tak mengalami hal tersebut, yuk coba 4 cara berikut ini!

Tetap mengonsumsi 8 gelas air selama puasa

Minumlah air putih dengan takaran yang seimbang
Minumlah air putih dengan takaran yang seimbang

Tubuh setiap harinya membutuhkan air minimal 1,5 liter untuk menjaga tubuh tetap bekerja seperti biasanya. Ketika puasa, memang kita tidak bisa mengkonsumsi air dalam jangka waktu tertentu. Namun, pada saat berbuka Anda bisa mengisi kehilangan cairan tersebut. Anda bisa menerapkan kombinasi 2-4- 2, yaitu 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan 2 gelas saat sahur.

Beri rasa pada air putih

Yang dimaksud memberi rasa bukanlah mengganti air putih dengan minuman lain, melainkan dengan memberikan rasa alami seperti perasan jeruk atau sepotong lemon agar Anda lebih nyaman saat mengonsumsi air putih. Tetapi hindari memberi tambahan berupa gula dan pemanis lainnya.

Konsumsi buah yang kaya kandungan air

Buah bisa menggantikan sebagian cairan tubuh yang hilang
Buah bisa menggantikan sebagian cairan tubuh yang hilang

Bila Anda jenuh dengan air putih, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan air seperti melon, semangka, dan jeruk. Selain memiliki nutrisi yang tinggi, kandungan air dalam buah-buahan tersebut juga cukup banyak sehingga bisa mencegah dehidrasi.

Hindari kafein dan minuman bersoda

Minuman yang mengandung kafein dan soda tidak bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Justru, minuman bersoda yang berpemanis buatan akan membuat Anda mudah haus di siang hari. Sementara kandungan kafein berlebih bisa untuk menghilangkan manfaat dari air di dalam tubuh.

Selain melakukan 4 hal tersebut, imbangi juga dengan konsumsi makanan penuh nutrisi supaya energi tetap terjaga saat berpuasa. Selamat mencoba!

Share This Article