Hilangkan Pikiran Gemuk adalah Takdir! | Breaktime
Hilangkan Pikiran Bahwa Gemuk adalah Takdir dan Disebabkan Faktor Keturunan!
19.11.2015

Sebutan “Gendut,” “Gemuk,” “Bundar” dan sejenisnya sering kali terlontar dan terdengar di berbagai tempat, bahkan mungkin B’timers kerap kali mendengarnya, bukan? Hal tersebut merupakan penyimbolan terhadap seseorang yang bertubuh overweight dibandingkan dengan lainnya.

Ada kalanya sebutan tersebut hanya berupa sapaan harian, bahan bercanda atau bahkan kata untuk membully seseorang. Tentu saja bagi yang ‘tidak kuat mental’ akan merasa sedih dan mempertanyakan kenapa dia lahir dari orang tua yang juga gemuk. Wait .. berarti dapat dikatakan, orang gemuk itu merupakan turunan?

Menurut banyak penelitian, kegemukan yang diakibatkan oleh keturunan hanya sebesar 5% saja, sedangkan faktor lain yang dapat membuat orang menjadi kelebihan berat badan dan tubuhnya menjadi besar adalah pola makan dan pola atau gaya hidupnya yang salah, seperti konsumsi makanan yang tidak sehat dan kurangnya melakukan aktivitas fisik.

Hilangkan Pikiran Gemuk adalah Takdir! | Breaktime
Orang tua juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan anak gemuk, tapi bukan dari gen mereka

Di Indonesia sendiri, ada satu persepsi yang kurang benar tapi tetap digunakan oleh mayoritas masyarakatnya, yaitu bayi, balita sampai anak kecil yang memiliki tubuh gemuk adalah identik dengan sehat, padahal hal tersebut salah.

Dikarenakan persepsi atau anggapan ini, maka tidak jarang orang tua akan memberikan makanan berlebih pada saat masih bayi sampai menginjak usia-usia 5-7 tahunan, dengan maksud agar sang anak menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, anak-anak juga akan menjadi kelebihan berat badan jika kedua orang tuanya memiliki hobi makan. Dengan hobi ini, maka secara tidak langsung memberikan contoh kepada anak agar dia juga suka mengonsumsi makanan atau minuman apapun. Tidak hanya itu, terkadang para orang tua yang memiliki tubuh gemuk akan mengajak anak-anak mereka ‘menggendut’ bersama dengan seringnya mengajak makan.

Dengan pemupukan atau pembentukan mindset di waktu dini seperti di atas, maka kemungkinan seseorang akan terus gemuk sampai dia dewasa juga sangat besar.

So, B’timers, tidak semua kegemukan tersebut dikarenakan faktor gen atau keturunan, karena ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang memiliki tubuh melebar ke samping. (das)

Share This Article