Hiii, Bulan Purnama Bikin Anda Susah Tidur? | Breaktime
Hiii, Bulan Purnama Bikin Anda Susah Tidur?
17.12.2015

Berabad-abad lamanya kita dihantui oleh mitos apa yang terjadi ketika bulan bersinar penuh. Mulai dari legenda manusia serigala, dongeng kelinci pembuat mochi yang tinggal di bulan, sampai proyek yang menghabiskan jutaan dollar Amerika untuk misi perjalanan ke bulan.

Nah, B’timers, kenapa banyak yang mengatakan purnama menyebabkan kita sulit untuk tidur?

Hiii, Bulan Purnama Bikin Anda Susah Tidur? | Breaktime
Mengapa kita sulit tidur setiap purnama?

Rahasia mendapatkan tidur yang baik

Sudah sejak lama kita mendengar, apa saja yang harus dilakukan agar tidur kita berkualitas. Seperti untuk meredupkan sumber cahaya di dalam kamar. Bahkan jika ada lampu jalan yang mengarah ke ruang tidur Anda, disarankan menggunakan tirai yang cukup tebal untuk menghalangi masuknya sinar dari luar.

Dan alasan mengapa kebanyakan orang mengalami insomnia saat purnama, lebih disebabkan sinar dari bulan yang cukup mengganggu jam biologis tubuh. Selain itu kemungkinan lain karena ketakutan yang tidak mendasar bagi beberapa orang tentang bulan purnama.

Sejumlah penelitian, salah satunya yang dilakukan oleh Profesor Christian Cajochen dari Basel University of Swiss, mengatakan beberapa koresponden yang mengikuti percobaannya, ternyata membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terlelap ketika purnama dan cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk karena sering terjaga. Selain itu, tubuh ternyata menghasilkan hormon melatonin, dengan jumlah yang lebih sedikit ketika terjadi purnama. Hormon tersebutlah yang berfungsi mengatur siklus tidur alami tubuh.

Efek buruk lain dari purnama

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terganggunya jam alami tubuh karena mengalami kesulitan tidur bisa menyebabkan perubahan suasana hati seseorang. Mereka akan lebih gelisah akibat berkurangnya waktu tidur yang berkualitas.

Selain itu, penelitian di Brazil menyetakan bahwa pancaran bulan yang begitu terang dinilai dapat memicu kejang bagi beberapa orang. Dalam Epilepsy & Behavior yang menganalisis kematian mendadak akibat kejang selama kurun 8 tahun itu menunjukkan sebanyak sekitar 70 % kasus terjadi ketika bulan purnama.

So, B’timers, ternyata di balik keindahan yang ditawarkan purnama setiap bulan itu menyimpan pengaruh buruk bagi tidur kita, ya? Dan hal tersebut telah dibuktikan secara ilmiah, jadi jangan mengaitkannya dengan hal mistis. (no)

Share This Article