Kutu Rambut Bisa Menyebar Cepat dan Mengerikan | Breaktime
Hii, Kutu Rambut Ternyata Bisa Menyebar Super Cepat dan Mengerikan
18.11.2015

Ada kutu rambut di kepala? Idih, pastinya ngga  banget, ya. B’timers pun barangkali akan bergidik ngeri ketika membayangkan hewan kecil itu jalan-jalan di kepala. Kenyataanya, tak ada orang yang bisa menghindari hewan satu ini untuk bersarang di kepala, lho. Kok bisa begitu?

Sebab, kutu rambut sendiri sangat mudah menular dan kejadian ini sangat jarang sekali diketahui sejak awal. Menurut Claire Roberts, CEO Lice Clinics of America, Utah, anak-anak usia tiga dan sepuluh tahun, termasuk para ibu rentan tertular kutu rambut.

Kutu Rambut Bisa Menyebar Cepat dan Mengerikan | Breaktime
Periksa kondisi rambut buah hati secara rutin

Kutu rambut menyebar ketika terjadi kontak langsung antara rambut dan kepala seseorang yang berkutu. Setelah beberapa hari bersarang di kepala, kutu akan bertelur dan menempelkannya pada batang rambut. Setidaknya, butuh waktu tujuh sampai sepuluh hari bagi telur untuk menetas.

Bila tidak segera dibasmi, maka telur akan menetas menjadi nimfa atau kutu bayi. Selanjutnya, dalam waktu satu atau dua minggu ia akan menjadi dewasa dan meninggalkan kulit mati. Masalah lainnya adalah, kutu rambut merupakan parasit yang membutuhkan darah manusia untuk bertahan hidup.

Tak heran bila kepala yang berkutu akan terasa sangat gatal dan panas. Anda akan susah sekali untuk berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan karena sibuk menggaruk kepala. Oleh karena itu, cegah pengalaman buruk ini dengan membasminya melalui sejumlah cara:

Gunakan almond

Rendam 10 biji almond dengan air semalaman, kemudian kupas atau tumbuk almond hingga menjadi pasta pekat. Tambahkan tiga sendok air perasan lemon dan aduk hingga menjadi krim. Oleskan pasta ini pada kulit kepala secara merata dan pijat kulit kepala dengan lembut. Tunggu selama dua jam dan bilas rambut hingga bersih.

Kutu Rambut Bisa Menyebar Cepat dan Mengerikan | Breaktime
Jus lemon bisa jadi ramuan alami pembunuh kutu kepala

Jus lemon

Ingin cara yang lebih praktis? Carilah lemon dan ambil sarinya. Usapkan sari lemon yang asam tersebut pada rambut secara merata selama setengah jam. Kemudian bilas dengan cuka dan air hangat. Perawatan ini cocok untuk anak-anak dan orang dewasa serta aman bagi kesehatan rambut.

Bawang merah

Kandungan sulfur di dalamnya ternyata juga ampuh untuk membasmi kutu yang bersarang di kepala. Siapkan 4 sampai 5 butir bawang merah, haluskan hingga terbentuk pasta kental, balut dengan kain, dan peras airnya. Oleskan air bawang pada rambut dan tutup dengan shower cap selama dua jam. Kemudian, keramaslah dengan air hangat.

Mulai sekarang, yuk lebih hati-hati dan cek kondisi rambut Anda dan jangan sampai ada kutu rambut yang sudah beranak pinak di sana, ya! (vsc)

Share This Article