Hii! Benarkah Kesepian Bikin Kesehatan Terganggu | Breaktime
Hii! Benarkah Kesepian Bikin Kesehatan Terganggu?
31.01.2017

Wah, benarkah hanya karena kesepian, kesehatan kita bisa terganggu, B’timers? Eits, jangan salah, lho! Di bawah ini beberapa tanda bahwa kesepian dapat menyebabkan terganggunya kesehatan Anda. Simak lebih lanjut, yuk, B’timers!

Tak ada rencana untuk pergi keluar rumah seharian ini, B’timers? Well, dengan tidak adanya rencana di hari ini, tentunya membuat Anda malas untuk mandi. Bahkan tak jarang kita tetap mengenakan piyama. Anda tidak sendirian, kok. Nah, kemalasan yang satu ini sering dimiliki oleh orang yang tak lagi memiliki motivasi. Padahal untuk menyingkirkan rasa sedih yang merasuk di kalbu, sangat disarankan untuk kita tetap mandi di pagi hari, berpakaian rapi dan pergi keluar, meski tanpa janji dan acara.

Orang yang menderita kesepian cenderung pergi tidur di siang hari. Bahkan tanpa disadari, mereka pun telah mengubah jam biologis untuk tidur, lho, B’timers. Karena mengubah rutinitas untuk tidur di siang hari, orang-orang yang mengalami kesepian pun biasanya akan mendapatkan gangguan tidur di malam hari. Bahkan meskipun mereka bisa tidur malam, pada pagi harinya mereka tak pernah merasakan rasa bahagia. Ada banyak alasan kenapa seseorang mengalami gangguan tidur seperti ini.

Apabila seseorang tenggelam di dalam kesedihan berkepanjangan, sangat mungkin mereka mengisolasi diri dari dunia luar. Kesepian itulah yang akhirnya menyebabkan mood menurun dan meningkatkan rasa sedih yang teramat sangat, B’timers. Karena kecenderungan mengurung diri di dalam ruangan sepi, ini akan membuat penderita semakin kehilangan harga diri dan berpikir bahwa diri mereka tidak memiliki kebaikan sama sekali. Dan jika sudah seperti ini, bantuan dari psikologi sangat dibutuhkan.

Hii! Benarkah Kesepian Bikin Kesehatan Terganggu | Breaktime
Anda cenderung menjauhkan diri dari komunitas sosial

Hormon stres atau kortisol akan semakin meningkat ketika seseorang mengalami kesepian. Di tingkatan selanjutnya, kesepian akan mengubah dirinya menjadi kecemasan yang datang lebih sering. Bahkan bisa beberapa kali dalam sehari, lho, B’timers. Mereka yang merasa kesepian, dapat dipastikan lebih sering mengeluhkan tentang kesemasan dan depresi. Karena mengurung diri, mereka merasa khawatir bakalan terjadi sesuatu pada diri mereka dan tidak akan ada orang di luar yang mengetahuinya.

Kesepian akan membuat diri Anda kesulitan dalam mengontrol kadar diabetes, lho, B’timers. Hal seperti ini karena peningkatan yang drastis dari hormon stress. Tubuh pun mengalami kesulitan untuk menjaga keseimbangan kadar gula di dalam darah. Itulah alasan kesepian bisa mempengaruhi meningkatnya gula darah. Dan apabila komplikasi diabetes sudah terjadi, maka Anda pun akan semakin kesulitan untuk bisa mengatasi ketidakseimbangan kadar gula darah. Masih ingin bersahabat dengan kesepian?

Selain bisa meningkatkan kadar gula di dalam darah karena kesepian berlebihan yang Anda alami, faktor kesehatan lain yang dapat terganggu karena rasa kesepian yang mengganggu adalan terjadi peningkatan tekanan darah atau tekanan darah menjadi tidak stabil, B’timers. Tekanan darah yang meningkat biasa dialami oleh orang-orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu diam. Nah, tekanan darah menjadi rendah saat tubuh tak aktif. Dan stres meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah.

Nah, tanda kesepian yang dapat sampai mengganggu kesehatan lainnya adalah ketika daya ingat Anda makin melemah, B’timers. Hal ini disebabkan karena orang-orang yang kesepian, biasanya menjauh dari interaksi sosial. Tanpa disadari, alasan inilah yang menyebabkan otak mengalami penurunan kognitifnya lebih cepat. Karena itu sangat penting untuk menjaga hubungan sosial untuk dapat membantu menjaga kesehatan otak kita dan menjauhkan diri dari risiko penyakit otak, seperti demensia.

Jika Anda adalah salah satu otang yang selalu mencari-cari alasan untuk membatalkan janji, mungkin ini tanda kesepian telah mulai mengganggu kesehatan Anda, nih, B’timers. Karena setelah begitu lama kita menghabiskan waktu bersama diri sendiri, maka akan semakin sulit untuk mengajak diri sendiri keluar dan melakukan rutinitas seperti biasanya. Dan untuk lebih Anda ketahui, bahwa dengan mengurung diri Anda di dalam rumah, justru akan semakin membawa diri Anda ke dalam tekanan negatif.

Yang terakhir dari tanda kesepian yang sampai mengganggu kesehatan adalah saat cuaca yang menjadi alasan utama Anda tetap tinggal di dalam rumah. Jika demikian, sebaiknya segera mintalah bantuan dari psikologi, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE