Hidup Sehat dengan Manfaat Minum Jus Bayam | Breaktime
Hidup Sehat dengan Manfaat Minum Jus Bayam
09.11.2017

Tanaman yang mulanya berasal dari kawasan Mediterania dan Asia Barat ini mulai digemari dan dibudidayakan di seluruh dunia. Secara nutrisi, bayam mengandung lebih banyak mineral dan vitamin dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Dimasak maupun dikonsumsi mentah, bayam merupakan jenis sayuran yang kaya nutrisi dan tidak boleh dilewatkan dalam menu diet Anda. Tentu saja, bayam akan memberikan manfaat kesehatan terbaik saat direbus atau dimasak dalam waktu singkat dan jumlah air minimum agar kandungan gizinya tetap terjaga. Kandungan zat gizi dalam jumlah ekstra pada sayur bayam tentunya akan lebih berkhasiat melalui manfaat minum jus bayam karena vitamin dan nutrisi lainnya tidak lenyap dalam proses memasak.

Kandungan flavonoid dan antioksidan tinggi yang ditemukan dalam sayur bayam telah terbukti dalam penelitian ilmiah mampu memerangi berbagai jenis penyakit kanker, mulai dari kanker payudara, prostat, hingga rahim. Bayam juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mata dan membuat Anda tampil awet muda karena kaya akan vitamin A dan C. Studi terbaru bahkan menemukan bahwa mengkonsumsi semangkuk bayam setiap harinya mampu meningkatkan efisiensi kinerja otot. Para responden yang diminta memakan 300 gram dalam sehari terbukti hanya membakar sedikit oksigen sehingga otot dapat bekerja secara maksimal. 

Namun tahukah Anda bahwa bayam ternyata juga memiliki ancaman kesehatan tertentu? Bayam memiliki kandungan asam oksalat yang relatif tinggi yang terbukti mampu mengikat kalsium dan zat besi sehingga tidak dapat diserap secara menyeluruh oleh tubuh. Dampak tersebut dapat dikurangi dengan mengkonsumsu bayam bersama makanan yang kaya vitamin C seperti tomat, cabai, paprika, maupun jus lemon dan jus jeruk untuk membantu proses penyerapan nutrisi yang terkandung dalam bayam. Perut kembung dan kelebihan gas juga dapat disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi bayam yang kaya serat. Uniknya, konsumsi bayam juga berbahaya bagi pasien gangguan batu ginjal karena mampu memicu kembalinya gejala penyakit tersebut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspadai Penyebab Kanker Serviks pada Wanita
Hidup Sehat dengan Manfaat Minum Jus Bayam | Breaktime
Khasiat daun bayam teryata tak hanya sekanan sayur pendaming, tapi juga sebagai jus

Untuk mendapatkan manfaat minum jus bayam secara maksimal, B’timers sebaiknya memilih bayam yang memiliki daun berwarna hijau tua. Pastikan bahwa setiap lembar daunnya masih segar dan lembut serta tidak membusuk dan cacat. Batang sayur batam yang masih berkualitas sebaiknya tidak berwarna kekuningan. Bayam dalam kondisi segar akan memiliki kualitas terbaik dan kandungan nutrisi tinggi. Sebelum menyimpannya, pastikan bayam dalam keadaan kering dan tidak perlu dicuci terlebih dahulu karena bayam yang disimpan basah akan cenderung mudah busuk. Simpanlah sayur bayam di dalam kantung plastik atau wadah tertutup sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manfaat Jus Bayam Mentah Sayang untuk Dilewatkan

Mengkonsumsi jus bayam juga akan memberikan manfaat dari tingginya kandungan vitamin B kompleks. Anda tak perlu repot-repot menggunakan tonik rambut dan aneka perawatan rambut berbahan kimia lainnya karena minum jus bayam secara rutin setiap hari akan mendukung proses pertumbuhan rambut secara cepat. Tak hanya baik untuk mencegah risiko rambut rontok, jus bayam juga mampu memperkuat rambut. Jus bayam tanpa tambahan pemanis juga relatif mengandung sedikit kalori sehingga menjadi menu sempurna untuk program diet Anda.

Kandungan asam folat yang tinggi pada bayam sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin, sekaligus dalam proses regenerasi sel darah dan penyusunan DNA janin sedini mungkin. Sebelum mendapatkan manfaat minum jus bayam, cuci bayam terlebih dahulu hingga taka da kotoran maupun sisa tanah yang menempel pada tiap lembar daunnya. Jus bayam dapat bermanfaat untuk sarana detoksifikasi tubuh dengan diolah bersama wortel dan seledri. Jus bayam yang dikombinasikan dengan buah apel atau pir terbukti mampu mengembalikan pancaran alami kulit.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspadai Penyakit Thalasemia pada Anak

Selain untuk kudapan sehat, bayam juga dapat diolah menjadi smoothies dengan campuran pisang dan plain Greek yoghurt untuk sarapan mengenyangkan nan penuh nutrisi. Tunggu apa lagi, B’timers? Segera dapatkan manfaat nutrisi sayur bayam melalui jus maupun aneka olahan sehat lainnya. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE