Hayo, Hindari Olahraga Ini di Sela Jam Kerja, ya | Breaktime
Hayo, Hindari Olahraga Ini di Sela Jam Kerja, ya?
16.01.2017

Bisa menyebutkan jenis pekerjaan yang buruk bagi kesehatan Anda, B’timers? Well, sebenarnya semua pekerjaan di dunia ini memiliki efek bagi kesehatan kita, lho. Dan seperti yang telah kita ketahui, bahwa duduk di depan meja sepanjang hari bukanlah hal yang menyehatkan. Namun pada kenyataannya tetap banyak dari kita yang melakukannya.

Duduk sepanjang hari di depan layar komputer berisiko dapat merusak mata Anda. Selain itu mengetik juga memiliki risiko bagi kesehatan Anda, lho, B’timers, yaitu dapat menciderai pergelangan tangan kita. Well, pekerjaan kantoran ternyata jauh lebih berbahaya daripada yang Anda pikirkan selama ini. Anda mungkin tak menyadarinya, tapi semua aktivitas dapat mengarah ke masalah kesehatan yang serius.

Nah, untuk menangkal efek negatif dari tuntutan hidup di era modern ini, Brian Parr dari Departement of Exercise and Sports Science dari University of South Carolina Aiken mengungkapkan, kita masih dapat melakukan sesuatu untuk mengurangi efek negatif dari kewajiban duduk sepanjang hari di kantor, kok. Ya, salah satunya adalah dengan meningkatkan jumlah latihan fisik, B’timers.

Cobalah untuk membuat jadwal yang dapat mengingatkan diri Anda untuk terus aktif dan berolahraga di kantor, meskipun singkat. Dan ya, setiap orang membutuhkan motivasi agar mampu melakukannya. So, itulah pentingnya Anda membuat jadwal latihan singkat di kantor, B’timers. Misalnya dengan melakukan latihan pergelangan tangan. Meskipun sederhana, namun mendatangkan manfaat yang luar biasa.

Hayo, Hindari Olahraga Ini di Sela Jam Kerja, ya | Breaktime
Luangkan waktu untuk olahraga, ya? Photo by google.com

Usahakan untuk berdiri dan gerakkan tubuh Anda di sela-sela jam kantor. Sesekali Anda juga perlu, lho, menjauh dari layar komputer, B’timers. Mungkin Anda bisa berjalan ke ruang rekan kerja yang terletak di lantai yang berbeda. Atau sekedar melangkah ke jendela dan melayangkan pandangan Anda ke taman yang dipenuhi dengan daun-daun hijau sambil menikmati secangkir kopi hangat. Hmm!

Well, berdasarkan penelitian, rata-rata kita duduk setidaknya selama lebih dari 14 jam dalam sehari, lho, B’timers. Nah, hal tersebut berisiko dapat menyebabkan perubahan fisiologis dalam tubuh kita. Cukup mengejutkan, bahwa bekerja di depan komputer dapat menyebabkan kerusakan mata dan pergelangan tangan. Ya, hadapilah kenyataan, bahwa inilah hal mengerikan yang diberikan pekerjaan kantor!

Yang perlu Anda ketahui adalah efek jangka panjang terlalu lama duduk bagi kesehatan Anda, B’timers. Efek jangka panjang dari duduk sepanjang hari adalah meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga pertumbuhan sel kanker tertentu. Sementara efek kesehatan jangka pendeknya adalah meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Nah, jangan heran jika Anda merasa berat badan semakin bertambah.

Memang tidak ada ramuan ajaib yang dapat Anda konsumsi untuk menghindari masalah kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaan kantor, B’timers. Namun menjaga tubuh tetap aktif di sela jam kantor adalah salah satu jalan keluar terbaik yang dapat Anda lakukan. Luangkan waktu setidaknya selama 5 – 15 menit untuk melakukan peregangan.

Walaupun berada di kantor, namun Anda tetap dapat melakukan gerakan olahraga ringan, kok. Seperti misalnya mengangkat botol air, menggerakkan kaki, meregangkan otot betis, melakukan peregangan punggung dengan menggapaikan tangan ke langit-langit kantor. Eits, tapi yang perlu Anda ingat adalah, jangan sampai ketika melakukan aktivitas fisik di kantor membuat rekan kerja terganggu, ya?

Tentu jika Anda melakukan yoga di atas meja kerja, sementara Anda satu meja dengan beberapa orang, hal seperti ini pastinya akan sangat mengganggu. Atau mungkin ketika melakukan gerakan peregangan, Anda justru menyenggol rekan kerja yang duduk di samping Anda. Wah, jangan sampai terjadi, lho, ya? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE