Hayo! Bahaya Mengintai yang Tidur Setelah Sahur! | Breaktime
Hayo! Bahaya Mengintai yang Tidur Setelah Sahur!
12.06.2017

Malas serta betapa berat memang halangan yang menghadang setiap jam kita bangun untuk menyantap hidangan sahur, B’timers. Bahkan tak jarang kita memilih untuk bangun menjelang waktu imsyak supaya tak perlu berlama-lama menghabiskan waktu untuk kembali memejamkan mata. Padahal ada penelitian yang mengungkapkan dampak buruk dari pergi tidur setelah santap sahur, lho, B’timers.

Well, mungkin Anda mengira alasan di balik larangan dari kembali tidur setelah kita mengonsumsi menu sahur adalah takut kelewatan waktu sholat subuh. Namun ternyata ada alasan kesehatan lain yang tidak banyak diketahui oleh orang, B’timers.

Di bawah ini adalah alasan terpenting yang harus Anda ketahui dari larangan tidur setelah sahur!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tampil Cantik dengan Cara Mengatasi Jerawat Batu

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology, terbukti bahwa tidur setelah menyantap makanan berat, akan membuat tubuh Anda bekerja semakin keras untuk mencerna makanan terakhir yang Anda konsumsi, B’timers. dan hal tersebut dapat menyebabkan masalah, seperti gangguan pencernaan hingga kemungkinan peningkatan risiko stroke, lho!

Hayo! Bahaya Mengintai yang Tidur Setelah Sahur! | Breaktime
Bangun sahur memang berat, namun biasakan diri, ya?

Pikirkan dua kali sebelum Anda menarik kembali selimut Anda setelah sebelumnya baru saja menikmati seporsi makanan berat ditambah bergelas-gelas saat sahur, B’timers. Mungkin ini merupakan mitos yang mengatakan jika makan sebelum tidur akan menyebabkan kenaikan berat badan. Selain itu, seperti pada poin sebelumnya, pergi tidur setelah makan memiliki potensi untuk mempengaruhi tidur, B’timers!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Awas Bahaya, Ini Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Tidur setelah makan sahur memiliki bahaya lain, termasuk mengganggu sistem metabolisme tubuh serta risiko tubuh mengalami kelelahan berlebihan. Tidur setelah makan sahur akan meningkatkan risiko Anda mengalami peningkatan berat badan. Kalori yang kita makan sebelum tidur akan menyebabkan diri kita hingga terjadi kelebihan kalori. Inilah sebabnya kita akan semakin bertambah gemuk. Hiii!

Hayo! Bahaya Mengintai yang Tidur Setelah Sahur! | Breaktime
Tidur setelah makan memang menawarkan kenyamanan

Berbaring terlentang setelah Anda menyantap porsi makanan berat memang pada awalnya memberi kenyamanan, B’timers. Namun pada saat tubuh Anda sedang beristirahat, di waktu itulah pencernaan Anda bekerja dengan keras. Mulas yang disebabkan karena kelebihan asam lambung, mengakibatkan rasa terbakar yang menyebar dari perut ke dada hingga kerongkongan, kadang disertai sendawa.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Senam Ibu Hamil Buat Proses Kelahiran Lancar

Penyakit gastroesophageal reflux atau yang juga disebut dengan GERD atau acid reflux disebabkan oleh katup di antara perut dan kerongkongan tak menutup dengan sempurna, B’timers. Hal ini bisa membuat asam lambung kembali ke kerongkongan Anda yang menyebabkan sensasi terbakar. Berbaring dengan posisi ini juga akan memperparah kondisi tersebut. Lebih lanjut akan menyebabkan kerusakan selaput!

Hayo! Bahaya Mengintai yang Tidur Setelah Sahur! | Breaktime
Tidur setelah makan bisa sebabkan gangguan perut

Pergi tidur setelah makan besar bisa meningkatkan risiko Anda terkena stroke, lho, B’timers. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Ioannina Medical School di Yunani. Pada penelitian tersebut, sekitar 500 orang sehat, 250 di antaranya dilaporkan memiliki risiko serangan stroke karena mereka memiliki kebiasaan untuk langsung pergi tidur setelah mengonsumsi makanan besar.

Dari penelitian yang berbeda ditemukan, bahwa mereka yang tidur setelah makan besar akan sebabkan gangguan tidur karena terjadinya kondisi yang disebabkan karena acid reflux, B’timers. Setelah diteliti lebih lanjut, acid reflux ternyata bisa berisiko tinggi menyebabkan serangan stroke pada penderitanya! Gangguan pada sistem pencernaan juga berakibat meningkatkan tekanan darah dan kolesterol.

So, masih berani langsung pergi tidur setelah menikmati seporsi makan sahur, nih, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE