Uban Akan Tumbuh Makin Banyak Jika Dicabut | Breaktime
Hati-Hati, Uban Akan Tumbuh Makin Banyak Jika Dicabut. Benarkah?
26.12.2015

Masalah rambut memang tidak ada habisnya. Salah satunya rambut berwarna putih atau abu-abu yang menyerang siapapun. Bahkan mereka yang masih muda sekalipun, dan untuk menghilangkan rasa malu karena uban, biasanya kita memilih jalan paling mudah. Benar, mencabut uban. Tapi Anda mungkin sering mendengar, mencabut uban bisa mengakibatkan uban tumbuh lebih banyak lagi. Benarkah demikian?

Sebelum itu, mungkin masih banyak dari Anda yang ingin tahu mengapa uban bisa tumbuh. Kabar baiknya, para peneliti sudah berusaha keras untuk mencari penyebab mengapa kita bisa mengalami ubanan.

Proses penuaan

Well, ini tidaklah mengejutkan lagi. Ahli dermatologis menyebutnya 50-50-50 rule. 50 % populasi di dunia akan memiliki uban sebanyak 50 % pada umur 50 tahun. Sama seperti kulit kita, rambut juga akan mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia.

Faktor etnik

Mereka yang berkulit putih atau etnik keturunan Kaukasian akan mendapatkan uban lebih dulu dibanding etnik Asia dan Afrika-Amerika. Hanya saja penyebabnya sampai sekarang masih belum diketahui.

Tingkat stress

Sebenarnya stress bukan penyebab utama timbulnya uban. Seperti disebutkan Dr Roopal Kundu dari Northwestern University’s Feinberg School of Medicine, setelah kemoterapi misalnya. Mereka yang melakukan perawatan kemoterapi, dan mengalami stress, biasanya rambut akan tumbuh dengan warna yang berbeda dari sebelumnya.

Gaya hidup

Kekurangan vitamin B12 menyebabkan hilangnya kemampuan tubuh memproduksi pigmen rambut. Rokok akan menyebabkan kulit dan rambut mengalami stress. Karena itu dianjurkan melakukan diet sehat, selain akan menghindari kita dari resiko penyakit jantung, kanker, juga akan mengurangi tumbuhnya uban.

Uban Akan Tumbuh Makin Banyak Jika Dicabut | Breaktime
Dengan mewarnai rambut, uban yang menyebalkan bisa tertutupi

Mencabut uban akan membuatnya tumbuh semakin banyak?

Uban bukanlah rambut hitam Anda yang tiba-tiba berubah menjadi putih atau abu-abu. Namun memang sudah tumbuh tanpa warna seperti itu.

Lalu mengapa kita tidak boleh mencabuti uban? Well, hal tersebut hanyalah mitos, B’timers. Mencabuti uban tidak akan menyebabkannya tumbuh lebih banyak. Namun tetap hal itu tidaklah disarankan. Mencabut secara paksa, entah itu uban atau bukan, ternyata dapat melukai folikel rambut. Dan itu akan mengakibatkan folikel rambut mengalami trauma. Yang nantinya bisa berakibat pada kebotakan.

So, B’timers, daipada mencabuti uban yang menyerang Anda, lebih baik menutupinya dengan warna yang sedang trend saat ini. Anda pun bisa kembali percaya diri tampil di depan banyak orang tanpa harus melukai folikel rambut, kan? Dan usahakan kembali ke gaya hidup sehat, karena akan mengurangi resiko Anda mendapatkan uban di usia muda.

Share This Article