Awas! Tanda ini Artinya Anda Harus Periksa Gigi! | Breaktime
Hati-hati! Tanda ini Artinya Anda Harus Periksa Gigi!
29.05.2016

Hayoo, Anda rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, tidak, B’timers? Well, kesehatan dan kebersihan mulut memang sedikit diabaikan. Rasa malas untuk menyikat gigi setelah makan makanan manis adalah kebiasaan paling sering yang kita lakukan. Jadi jangan heran jika Anda sering sakit gigi. Padahal apabila diabaikan, masalah kecil pun bisa menjadi besar, lho. Nah, perhatikan tanda Anda harus periksa gigi berikut ini, yuk, B’timers!

Gusi yang membengkak

Pembengkakan di rahang atau sekitar mulut bisa berarti banyak hal, lho, B’timers. Seperti infeksi gusi atau gigi. Dan bahkan bisa menjadi gejala kanker, terlebih jika disertai rasa sakit yang ekstrim. Namun, jika hanya bengkak sedikit dan teksturnya lembek, mungkin bisa sembuh dalam dua atau tiga minggu.

Tidak lagi merasakan sakit

Mungkin ini seperti hadiah terindah, yang kita rasakan. Setelah mengalami sakit gigi yang luar biasa, tapi kemudian sakit itu menghilang tiba-tiba. Tapi jangna senang dulu, B’timers. Mati rasa atau berkurangnya rasa sakit, merupakan tanda bahwa infeksi telah berkembang begitu jauh hingga ke saraf.

Awas! Tanda ini Artinya Anda Harus Periksa Gigi! | Breaktime
Pilih mana, sakit gigi atau sakit hati?

Lidah terasa seperti logam

Anda pernah menjilat uang logam, B’timers? Nah, jika lidah Anda terasa seperti logam atau rasa pahit di mulut, berarti ada masalah yang terjadi pada gigi yang pernah ditambal. Nah, saat merasakannya, itulah tanda Anda harus periksa gigi, karena kemungkinan tambalan di gigi sudah rusak dan perlu diperbaiki.

Sakit ketika mengunyah

Nyeri rahang atau sakit ketika mengunyah, bisa berarti banyak, lho, B’timers. Seperti mengemeretakkan rahang terlalu kuat, nyeri sendi, arthritis dan bahkan stres, lho. Tapi jika Anda merasakan sakit yang mendalam, kemungkinan besar karena gigi retak atau gigi yang mengalami infeksi.

Rasa terbakar di dalam mulut

Terbakar karena makan makanan yang masih terlalu panas atau terasa tergores saat mengunyah berondong jagung. Rasa terbakar di lidah dan luka goresan di gusi sebenarnya bisa sembuh dengan cepat. Jika tidak, Anda harus segera berkonsultasi pada dokter gigi, nih, B’timers.

Awas! Tanda ini Artinya Anda Harus Periksa Gigi! | Breaktime
Ajak buah hati menggosok gigi secara teratur, ya?

Bahkan sakit kepala dan flu berkepanjangan bisa menjadi tanda Anda harus periksa gigi, lho, B’timers. Karena itulah, mengapa kita harus menggosok gigi teratur dan rutin cek gigi setiap 6 bulan. (NO)

Share This Article