Hati-Hati, Penderita Vertigo Tak Akan Bisa Merasakan Hidup ‘Normal’
Hati-Hati, Penderita Vertigo Tak Akan Bisa Merasakan Hidup ‘Normal’
08.04.2015

Berbeda dengan  yang selama ini diketahui banyak orang, vertigo ternyata bukanlah sebuah penyakit. Menurut NHS (National Health Choices) UK,  vertigo merupakan sebuah gejala di mana penderitanya akan merasakan sensasi seolah seluruh benda di sekitarnya berputar. 

Nah, hal inilah yang membuat penderita vertigo tidak bisa beraktivitas dengan normal lantaran selalu merasakan pusing hebat saat berdiri. Apalagi, vertigo ini bisa dirasakan dalam jangka waktu yang lama sehingga memaksa penderitanya untuk terus berbaring.

Pasti B’timers penasaran, apa kira-kira yang menyebabkan gejala satu ini? Berikut ini Breaktime rangkum informasinya untuk Anda:

Labyrinthitis

Labyrinthitis merupakan infeksi yang terjadi pada struktur sensitif yang terletak di bagian terdalam telinga yaitu labirin. Bagian ini terdiri dari saluran yang berliku-liku dan penuh dengan cairan yang merupakan pengendali pendengaran serta keseimbangan tubuh. Jika terjadi peradangan di dalam labirin, informasi yang dikirim dari telinga ke otak bebeda dari informasi yang diberikan oleh mata. Inilah yang menyebabkan terjadinya vertigo.

Meniere

Penyakit langka satu ini menyerang telinga bagian dalam, dan vertigo merupakan salah satu gejalanya. Meniere biasanya menyebabkan penderita mengalami kehilangan pendengaran, telinga berdengung, dan juga merasakan sesasi telinga terasa ‘penuh’. Jika menderita penyakit menire, Anda akan mengalami vertigo jauh lebih lama dibandingkan dengan biasanya dan selalu diikuti dengan mual serta muntah. 

Migrain 

Migrain merupakan salah satu penyebab munculnya gejala vertigo
Migrain merupakan salah satu penyebab munculnya gejala vertigo

Migrain termasuk dalam salah satu jenis sakit kepala yang tidak tertahankan dan terjadi hanya pada titik tertentu. Gejala ini biasanya dibarengi dengan mual dan juga sensitif terhadap cahaya yang biasa disebut dengan fotofobia. Penderita migrain juga sering mengalami gejala vertigo yang ditandai dengan munculnya rasa pusing akibat benda-benda di sekitar yang tampak berputar.

Gejala vertigo ini kadang bisa hilang dengan sendirinya, namun tak jarang juga terus dirasakan dalam hitungan bulan hingga tahun. Untuk B’timers yang sering merasakan vertigo, cobalah melakukan beberapa hal sederhana seperti tidur menggunakan 2 bantal atau menghindari gerakan menundukkan kepala terlalu lama. 

Share This Article