Hati-Hati, Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan! | Breaktime
Hati-Hati, Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan!
18.12.2015

Sering merasa lelah setelah kemarin sempat terjaga sampai tengah malam, akibat menumpuknya tugas kantor? Sebenarnya jika hanya sekali begadang, tidak terlalu fatal akibatnya. Hanya saja badan akan menjadi cepat capek di hari berikutnya. Dan hal tersebut akan normal lagi, jika kita kembali ke jadwal tidur yang teratur.

Namun jika sudah menjadi suatu rutinitas harian, misalnya karena ajakan kawan untuk hang out menjelajahi setiap kafe yang ada di kota hingga lewat dini hari, hal itu yang patut dikhawatirkan. Mengapa?

Kurang tidur berakibat fatal

Karena sebenarnya tubuh kita memiliki jam biologisnya sendiri. Jadi dengan seringya begadang, kita telah mengganggu kinerja otak dan organ tubuh lainnya. Karena otak langsung merekam adanya perubahan jam biologis tubuh. Dampak buruknya adalah melemahnya daya ingat. Dan Anda juga akan mengalami kesulitan konsentrasi.

Seorang profesor yang meneliti dampak kurang tidur di Boston, Susan Redline, menemukan hubungan antara waktu tidur dengan tingkat gangguan kesehatan. Semakin sering kita memaksa tubuh untuk terjaga setiap malaman akan berdampak buruk pada tekanan darah, yang akan menyebabkan resiko serangan jantung dan kanker.

Hati-Hati, Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan! | Breaktime
Setiap terjaga sampai larut, tanpa sadar kita sering mengkonsumsi snacks secara berlebihan

Kurang tidur = tubuh melar?

What! Apa hubungannya begadang dengan berat badan? Menurut penelitian, mereka yang tidur kurang dari 7 jam per hari, memiliki resiko menderita overweight, lho. Karena dengan memaksa tetap terjaga sepanjang malam, tubuh akan memproduksi hormon ghrelin. Hormon yang akan meningkatkan nafsu makan.

Jadi jangan heran, dengan seringnya begadang itu sama saja Anda ikut berperan pada meningkatnya bobot tubuh. Coba perhatikan saja, setiap menghabiskan waktu di depan televisi sampai jam 11 malam, Anda akan secara otomatis memeriksa lemari di dapur untuk mencari sesuatu yang bisa dimakan.

Apa yang terjadi ketika kita tidur?

Banyak hal penting yang terjadi selama kita terlelap. Hormon pertumbuhan pada anak akan aktif ketika mereka tidur. Dan tubuh akan meningkatkan sistem imun selama Anda terbuai dalam mimpi. Jadi jika seseorang kekurangan waktu tidurnya, mereka akan lebih mudah terserang penyakit. Sementara pada anak-anak yang hobi begadang karena sibuk dengan video game misalnya, pertumbuhan tubuh mereka akan terganggu.

Dengan tidur, kita ikut memberi tubuh kesempatan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu otak dapat rehat sejenak. Hal tersebut yang menghindarkan kita dari resiko melemahnya daya ingat. Seperti yang kita ketahui, dengan mendapatkan kualitas tidur yang baik, tubuh pun akan segar kembali keesokan harinya. Demikian juga dengan otak.

B’timers, mulai sekarang lebih perhatikan jam tidur Anda, ya? Karena kesehatan Anda merupakan tanggung jawab Anda sendiri untuk menjaganya. (no)

Share This Article