Kulit Pucat Bisa Jadi Tanda Penyakit | Breaktime
Hati-Hati, Kulit Pucat Bisa Jadi Tanda Penyakit!
22.12.2015

Semua orang pasti ingin mempunyai kulit yang sehat. Karena akan membuat kita semakin percaya diri ketika tampil di depan umum. Tapi bagi beberapa orang memiliki masalah pada kulit, seperti kulit kering, sensitif, atau kulit yang terlalu pucat. Dan hal tersebut pastinya mengurangi kepercayaan diri kita.

Warna kulit yang pucat biasanya kita dapatkan pada beberapa bagian tubuh. Seperti di bibir, lidah, telapak tangan, mulut bagian dalam, dan garis mata. Ini mungkin tidak terlalu membahayakan, dan tidak memerlukan pengobatan khusus.

Sementara pada umumnya kulit pucat akan menyeluruh pada tubuh, dan biasanya terlihat lebih jelas pada bagian wajah serta kuku. Bagaimana cara mendeteksinya tergantung pada warna kulit dan ketebalan pembuluh darah di bawah kulit kita,  B’timers. Dan bagi mereka yang memiliki kulit gelap, biasanya agak sulit mendeteksinya.

Alpha thalassemia

Penderita alpha thalassemia mengalami suatu kondisi langka, dimana kurangnya jumlah produksi hemoglobin normal. Beberapa orang yang menderita kelainan ini, biasanya juga mengalami anemia. Meskipun demikian, banyak penderita thalassemia ini tidak menunjukkan gejala atau tanda apapun.

Penderita thalassemia banyak diderita oleh orang dari negara-negara mediterania, Afrika Utara, Indida, dan Asia Tengah.

Kulit Pucat Bisa Jadi Tanda Penyakit | Breaktime
Penyakit jantung bisa mengakibatkan kulit pucat

Gagal jantung

Gagal jantung di sini bukan berarti jantung Anda berhenti bekerja. Jantung tetap berdetak, hanya saja pompaannya jauh lebih lemah dari normal. Dan hal tersebut mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen. Penyebab gagal jantung bisa bermacam-macam, mulai dari tekanan darah hingga penggunaan narkotika dan konsumsi alkohol.

Dehidrasi

Jika tubuh mengalami dehidrasi juga akan mengakibatkan kulit menjadi pucat. Sebagian besar tubuh kita merupakan cairan, dan setiap aktifitas yang kita lakukan menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Jadi usahakan agar tubuh jangan sampai mengalami dehidrasi, dengan menggantinya melalui air minum. Yang perlu diingat, kebutuhan setiap orang akan cairan berbeda targantung dari berat badan masing-masing.

Nah, itu tadi beberapa kemungkinan penyakit yang bisa menyebabkan kulit menjadi pucat. Tapi sekali lagi, B’timers, bagaimanapun keadaan kulit Anda, tetap dikonsultasikan dengan dokter jika mengalami keluhan kesehatan, ya? (no)

Share This Article