Hati-Hati! Ini Tips Merawat Anak Prematur! | Breaktime
Hati-Hati! Ini Tips Merawat Anak Prematur!
19.12.2016

Semua orangtua pasti mendambakan kelahiran anak yang lancar dengan kondisi anak yang sehat dan tidak kurang hal satupun. Akan tetapi dalam beberapa kasus kelahiran, kelahiran prematur merupakan kejadian yang cukup jamak terjadi. Kelahiran prematur adalah proses kelahiran yang terlalu awal yang terjadi pada usia kandungan mencapai minggu ke-37. Bayi yang lahir prematur pada umumnya sangat rentan terhadap berbagai macam komplikasi karena ia lahir sebelum organ-organ tubuhnya berkembang dengan sempurna. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bayi Anda dapat tumbuh stabil layaknya bayi yang lahir tepat waktu. Berikut adalah tips merawat anak prematur

Baca juga : BOCORAN TENTANG TINGKAT KEBERHASILAN BAYI TABUNG!

Merawat anak prematur tergolong susah-susah gampang. Susah karena bayi prematur membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra dibandingkan dengan bayi yang lahir tepat waktu, akan tetapi di era dimana Anda dapat memanfaatkan internet untuk menggali informasi, Anda dapat menemukan berbagai macam informasi mengenai cara yang tepat untuk merawat bayi prematur.

Salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk merawat bayi prematur adalah pemberian ASI secara intensif. Bayi prematur membutuhkan asupan nutrisi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan bayi lain untuk membantu mempercepat perkembangan fungsi organ-organ tubuhnya. 

Hati-Hati! Ini Tips Merawat Anak Prematur! | Breaktime
bayi lahir prematur bukan akhir dari segalanya!

Bergantung dari masa lahirnya, bayi yang lahir lebih awal dari 32 minggu belum mampu untuk menyusu pada Anda secara manual. Sehingga satu-satunya cara bagi mereka untuk mendapatkan ASI adalah melalui selang-selang yang tersedia di inkubator yang menyalurkan ASI botol dari Anda, sehingga Anda harus rajin memompa ASI dan menempatkannya di dalam botol untuk bayi Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba metode kangaroo care yaitu metode menggendong anak dengan memasukkannya ke bawah baju Anda sehingga kulit Anda dan kulit bayi Anda dapat bersentuhan secara langsung. Hal tersebut terbukti dapat membantu menjaga kestabilan temperatur tubuh, membuat bayi lebih rileks dan dapat tidur lebih nyenyak.

Demikian tips-tips merawat anak prematur. Semoga bayi Anda dapat tumbuh dengan sehat dan mampu melewati masa-masa kritis ya, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE