Hati-hati, Ini Penyebab Gatal-gatal pada Kulit! | Breaktime
Hati-hati, Ini Penyebab Gatal-gatal pada Kulit!
07.11.2016

Uhh, kondisi kulit yang gatal tentunya membuat kita semakin merasa tidak nyaman, ya, B’timers? Gatal biasanya disebabkan karena berbagai hal, misalnya karena alergi, gigitan serangga, eksim hingga racun pada tanaman tertentu. Dan jika tidak diobati, gatal yang menyerang di malam hari sangat mengganggu tidur. Selain itu, menggaruk juga bisa menyebabkan infeksi. Berikut tips mengatasi gatal-gatal pada kulit yang perlu Anda ketahui, B’timers!

Hati-hati, Ini Penyebab Gatal-gatal pada Kulit!  | Breaktime
Hati-hati, karena menggaruk bisa sebabkan infeksi

Gatal karena penyakit kulit

Kulit menjadi merah, terasa gatal, dan meradang. Gatal pada kulit juga ada yang berkerak atau berbintik di area tertentu. Beberapa penyakit kulit biasanya menyebabkan bintik merah yang berair. Selain itu tak jarang yang menyebabkan rasa panas pada area tersebut. Untuk mengatasi gatal karena penyakit kulit, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu apa ciri-ciri dari gatal-gatal yang Anda alami, B’timers.

Gatal karena gigitan serangga

Tidak hanya nyamuk yang bisa membuat kulit kita gatal setelah digigit, lho. Tungau, kutu, bahkan alergi pada bulu hewan peliharaan juga bisa menyebabkan gatal pada kulit, B’timers. Untuk gatal yang terjadi di area lipatan tubuh, biasanya karena tungau. Sementara infeksi kutu paling sering menjangkit area yang berambut.

Baca juga : INI CARA MENGATASI DEPRESI DENGAN TIPS SEDERHANA

Gatal karena kulit kering

Dan ternyata gatal pada kulit juga bisa disebabkan karena kondisi kulit yang terlalu kering atau biasanya dikenal dengan kondisi xerosis. Tanda yang bisa Anda perhatikan adalah gatal yang tidak disertai dengan ruam dan perubahan kulit lainnya. Penyebab kulit kering dipengaruhi oleh faktor lingkungan, seperti jika Anda mencuci atau mandi terlalu sering. Bisa juga karena menggunakan deterjen yang tidak sesuai.

Hati-hati, Ini Penyebab Gatal-gatal pada Kulit!  | Breaktime
Kulit kepala gatal? Mungkin Anda berkutu, B’timers!

Gatal karena penyakit dalam

Penyakit dalam juga bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit Anda, lho. Beberapa penyakit dalam yang bisa menyebabkan rasa gatal adalah hepatitis, leukemia, gagal ginjal, gangguan tiroid, limfoma, celiac, anemia, defisiensi besi hingga ganggaun ginjal. Pada umumnya rasa gatal terasa hampir di seluruh area tubuh. Dan tidak terlihat gejala munculnya ruam atau perubahan warna kulit.

Gatal karena masa kehamilan

Memasuki masa kehamilan juga bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit. Tidak hanya karena perubahan hormon, namun kecemasan serta depresi yang dirasakan ibu hamil juga dapat menyebabkan gatal pada kulit. Dan karena kulit menjadi lebih sensitif, ketika ada gigitan serangga bisa menyebabkan gatal. Tetap perhatikan penggunaan obat selama masa kehamilan.

Nah, dari semua jenis gatal pada kulit, sangat disarankan untuk lebih memperhatikan kebersihan area tempat tinggal Anda, ya, B’timers? (NO)  



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE