Awas, Ini Gejala yang Dialami Penderita Ambeien | Breaktime
Hati-Hati, Ini Gejala yang Dialami Penderita Ambeien
05.01.2016

Anda sering mengejan ketika buang air besar, B’timers? Hati-hati lho, sering mengejan bisa membuat pembuluh darah di area anus terluka! Dan akan mengakibatkan timbulnya hemorrhodids, atau lebih kita kenal dengan istilah wasir atau ambeien.

Hemorrhoids timbul ketika pembuluh darah di area dubur atau anus meradang karena terlalu sering mengejan. Ada 2 macam wasir berdasarkan lokasinya, ‘internal’ dan ‘eksternal’ . Wasir eksternal biasanya akan ditemukan di sekitar kulit yang mengelilingi anus.

Tanda Hemorrhoids

Ada beberapa tanda yang bisa kita amati jika seseorang mengalami Hemorrhoids. Dengan mengetahuinya, diharapkan Anda bisa segera mengambil pengobatan agar menghindarkan dari hal yang lebih buruk.

•Rasa gatal di sekitar anus atau dubur

•Sakit di area anus

•Terdapat benjolan di anus

•Keluar darah ketika mengejan

Awas, Ini Gejala yang Dialami Penderita Ambeien | Breaktime
Kurang asupan serat bisa menyebabkan ambeien

Penyebab timbulnya wasir

Ambeien bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah terlalu sering mengejan ketika buang air besar. Hal tersebut menyebabkan darah mengalir ke area anus, yang akhirnya terjadi pembesaran pembuluh darah. Selain itu pada wanita hamil juga memiliki resiko lebih besar memiliki wasir.

Faktor penyebab ambeien ini sebenarnya masih belum diketahui secara pasti. Namun, jika Anda memiliki orang tua yang pernah menderita ambeien, Anda juga akan memiliki resiko yang sama. Pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter akan memberitahukan faktor apa yang menyebabkan timbulnya Hemorrhoids.

Lakukan pengobatan ini untuk mengurangi ketidaknyamanan karena ambeien

Siapa sih, yang bisa menahan rasa sakit akibat ambeien? Nah, Anda dapat mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman karena ambeien dengan beberapa home treatment ini, B’timers

•Bilas area anus menggunakan air hangat

Basuh area anus menggunakan air hangat 10 hingga 15 menit. Ulangi sebanyak 2 atau 3 kali sehari. Anda bisa menggunakan sitz bath untuk berendam.

•Jaga kebersihan anus

Berendam memang lebih disarankan, namun jika tidak memungkinkan, mandi setiap hari juga bisa membantu Anda untuk membersihkan kulit di sekitar anus. Jangan gunakan sabun untuk membersihkan, karena hal itu justru akan memperparah iritasi. Kurangi penggunaan tissue yang mengandung alkohol dan parfum.

•Hindari penggunaan tissue toilet yang kering

Untuk membantu menjaga area anus tetap bersih setelah buang air besar, lebih baik gunakan tissue basah yang tidak mengandung alkohol dan pewangi.

•Lakukan pengompresan

Kompres daerah anus Anda menggunakan ice packs atau kantung es untuk mengurangi pembengkakan.

•Minum obat penghilang rasa sakit

Anda bisa mengonsumsi asetaminophen, aspirin atau ibuprofen secara teratur untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Kita sering membaca, wasir bisa disebabkan kebiasaan buang air besar yang tidak teratur serta kurangnya olahraga, asupan gizi dan serat. Karena itulah, untuk mengurangi resiko wasir, kita disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak serat dan air untuk membantu melancarkan pencernaan. Sebaiknya Anda juga lebih aktif berolahraga. Jika sudah terlanjur mengalami ambeien, B'timers tidak perlu khawatir. Segera konsultasikan dengan dokter untuk penganganan lebih lanjut. (no)

Share This Article