Hati-Hati, Ini Akibatnya Jika Tidur Terlalu Lama | Breaktime
Hati-Hati, Ini Akibatnya Jika Tidur Terlalu Lama
23.10.2016

B’Timers, dalam sehari berapa lamakah Anda tidur?. Tidur adalah kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Dengan tidur, Anda dapat memulihkan energi yang telah terkuras setelah beraktivitas seharian. Tidak cukup tidur dapat menyebabkan konsentrasi terganggu, suasana hati yang tidak baik, dan juga risiko-risiko kesehatan yang lain seperti sakit jantung dan migraine. Akan tetapi, ternyata tidur terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan. Ini akibatnya jika tidur terlalu lama

  • Dalam studi di tahun 2014 yang dilakukan oleh para peneliti, dibuktikan bahwa tidur yang terlalu lama, yaitu tidur di atas dari dan hingga sembilan jam berisiko terjangkit gejala depresi. Hal tersebut sangat berbeda jauh dibandingkan peserta yang tidur selama tujuh hingga sembilan jam yang hanya memiliki risiko terkena depresi dengan persentase 27 persen. Wah, ternyata ini akibatnya jika tidur terlalu lama, ya?

Baca juga : 

  • Ini akibat tidur terlalu lama yang kedua.  Ternyata tidur terlalu lama juga dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes. Hal ini dibuktikan oleh studi yang dilakukan oleh peneliti dari kota Quebec. Peneliti-peneliti tersebut menemukan bahwa orang-orang yang tidur melampaui delapan jam memiliki risiko terkena penyakit diabetes tipe kedua, atau gangguan toleransi zat glukosa dalam waktu lebih dari enam tahun.
Hati-Hati, Ini Akibatnya Jika Tidur Terlalu Lama | Breaktime
Tidurlah secukupnya agar tetap bugar, B’Timers!
  • Tidur terlalu lama juga dapat mengakibatkan kenaikan berat badan. Durasi tidur yang terlalu lama juga berkontribusi terhadap obesitas. Hal ini dibuktikan oleh para peneliti yang melakukan riset di kota Quebec. Mereka menemukan bahwa berat badan dari orang-orang yang tidur selama 9 hingga 10 jam setiap malam memiliki kecenderungan untuk bertambah berat badannya sebanyak 5 kilogram dengan persentase sebanyak 25%. 

Selain risiko-risiko penyakit di atas, sakit jantung koroner dan risiko kematian dini, ini akibatnya jika tidur terlalu lama juga. Jadi, apabila Anda menginginkan pola hidup dan umur yang panjang dan berkualitas, sudah saatnya Anda mengatur siklus tidur Anda. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE