Hati-Hati, Gigi Bolong Bisa Sebabkan Diabetes | Breaktime
Hati-Hati, Gigi Bolong Bisa Sebabkan Diabetes
08.12.2015

Kesehatan mulut yang terjaga ternyata mempunyai banyak manfaat lha, B’timers. Dari meningkatnya rasa percaya diri, sampai mendapatkan lebih banyak keuntungan dalam karir bahkan hubungan asmara. Ya, selain dapat memiliki senyum yang indah untuk menunjang penampilan Anda, kesehatan mulut juga berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Bagi sebagian dari kita, penggunan tusuk gigi sudah tidak asing lagi. Apalagi ketika berada di luar rumah, yang tidak memungkinkan Anda untuk menggosok gigi seusai makan siang dengan klien misalnya. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dengan tepat? Simak informasi berikut ini:

Hindari tusuk gigi

Tahukah Anda jika mengorek gigi dengan alat tersebut bisa menjadi berbahaya? Karena selain dapat merusak gusi, penggunaan tusuk gigi malah dapat menyebabkan sisa makanan yang terselip masuk semakin dalam di gusi kita. Hat tersebut jika dibiarkan dalan waktu lama, bisa menumbuhkan bakteri yang nantinya mengakibatkan gigi berlubang sampai bau mulut.

Jika memang sisa makanan masih tertinggat meski Anda sudah menggosok gigi, lebih baik menggunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan gigi untuk menghindari resiko buruk.

Hati-Hati, Gigi Bolong Bisa Sebabkan Diabetes | Breaktime
Penggunaan tusuk gigi tidak baik bagi kesehatan gigi

Jika gigi terlanjur berlubang, segera tambal

Bagaimana jika gigi kita sudah berlubang? Tentu penggunaan dental floss untuk membersihkan sisa makanan akan sulit dilakukan. Karena itulah mengapa kita disarankan untuk rutin memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali. Hal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan untuk menghindari gigi berlubang semakin parah.

Karena apabila tetap menggunakan tusuk gigi, kita beresiko terserang infeksi di gusi. Anda tentu tahu, bahan pembuatan tusuk gigi adalah kayu. Serat kayu yang kecil dikhawatirkan masuk dan melukai gusi kita. Infeksi yang ditimbulkan tidak hanya akan menyerang mulut saja.

Saraf-saraf yang ada di gusi tentu berhubungan dengan berbagai organ vital kita. Mulai dari kesehatan mata, sampai jantung kita beresiko terinfeksi hanya karena kita sering mengorek gigi dengan tusuk gigi. Seperti dalam beberapa kasus, mereka yang terkena infeksi gigi beresiko terkena gangguan pada mata. Hal tersebut dikarenakan saraf gigi dan mata memiliki induk saraf yang sama.

Bahkan pada kondisi kerusakan gigi yang sudah cukup parah, bakteri dapat masuk ke dalam aliran darah dan mengganggu sistem kekebalan tubuh kita. Hal tersebut menyebabkan tubuh melepaskan satu jenis protein, yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel pankreas, dan akan memicu diabetes.

Untuk menghindari infeksi dalam mulut, Anda dapat melakukan beberapa tips seperti berikut ini:

  1. Perbanyak makan makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayuran.
  2. Mengunyah permen karet bebas gula bisa menjaga kelembaban mulut.
  3. Selalu konsultasikan kondisi kesehatan Anda pada dokter gigi.

So, B’timers, mulai sekarang hindari memakai tusuk gigi ya, apalagi jika sampai melukai gusi!

Share This Article