Hati-Hati Gejala Hepatitis, Periksa Sejak Dini | Breaktime
Hati-Hati Gejala Hepatitis, Periksa Sejak Dini
14.08.2016

Tahukah Anda, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar dua juta orang menderita hepatitis bahkan sebagian besar orang tidak mengetahui jika mereka terserang virus hepatitis tersebut dan dapat menular pada orang lain. Wah, fakta yang cukup mengagetkan tentang hepatitis ya, B’timers?

Penyebab hepatitis

Hepatitis ini sendiri disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan, penggunaan obat-obatan dalam jangka waktu yang lama, bahan-bahan makanan yang akan dimasak tidak dicuci bersih, dan lingkungan sekitar yang juga kurang bersih. Namun selain itu juga, penyebab utama hepatitis adalah virus. Untuk memeriksa apakah Anda terserang hepatitis adalah dengan melakukan tes darah untuk mendeteksi virus tersebut.

Hati-Hati Gejala Hepatitis, Periksa Sejak Dini | Breaktime
Vaksin sebagai salah satu pencegahan virus Hepatitis

Gejala hepatitis

Hepatitis termasuk dalam penyakit kronis yang menyerang manusia dan virus hepatitis bisa datang atau menyerang dari mana saja. Dan salah satu hepatitis yang sering menyerang hati adalah hepatitis B dengan gejala seperti nafsu makan menghilang, mual disertai muntah, sakit kuning terutama pada kulit dan mata yang menguning, serta gejala mirip pilek seperti rasa lelah, nyeri tubuh dan juga sakit kepala. Untuk mengatasi hal itu sebaiknya dilakukan pencegahan mengingat kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ia terserang virus hepatitis, serta tidak menyadari akan pentingnya kesehatan tubuh.

Baca juga : WASPADA BATUK PILEK SAAT PANCAROBA, INI TIPSNYA!

Cara mencegah hepatitis

Hal yang perlu dilakukan untuk mencegah terserang virus hepatitis, selain melakukan tes darah adalah dengan melakukan vaksin dalam program imunisasi. Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang hati dan membunuh satu juta orang di seluruh dunia setiap harinya.

Hepatitis memiliki banyak jenis, yakni hepatitis A, B, C. D, dan E. Selain melakukan vaksin, pencegahan juga dapat dilakukan dengan mengurangi atau menghentikan konsumsi minuman beralkohol, berkonsultasi dengan dokter soal obat-obatan yang akan Anda konsumsi, dan menjaga kebersihan makanan serta kebersihan lingkungan sekitar Anda.

Jadi, mulai sekarang sebaiknya benahi diri Anda untuk melakukan pola hidup sehat. Juga lakukan vaksin untuk pencegahan dini sebelum terserang virus hepatitis yang mematikan ini. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati, B’timers? (vpd)

Share This Article