Waspada dengan Masalah Kencing Berikut ini, ya? | Breaktime
Hati-hati dengan Masalah Kencing Berikut ini, ya?
18.05.2016

Berapa kali Anda buang air kecil dalam sehari, B’timers? Ada penelitian yang menemukan fakta bahwa normalnya kita kencing hingga 7 kali, lho. Namun, tidak sedikit dari kita yang menahan diri untuk pergi ke kamar mandi. Tak heran kebanyakan orang dewasa yang memiliki masalah kencing dalam hidupnya. Dan berikut beberapa masalah kencing paling sering dialami, B’timers.

Urine berbau dan berwarna

Waspada dengan Masalah Kencing Berikut ini, ya? | Breaktime
Beberapa obat dan vitamin dapat menyebabkan bau serta warna pada urine

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi warna urine, termasuk keseimbangan asupan cairan, diet, penggunaan obat-obatan dan penyakit. Gelap atau terang pada air seni akan memberitahu pada Anda apa yang dikatakan tubuh, B’timers. Vitamin B dapat mengubah urine menjadi kuning cerah. Sedangkan buah-buahan, seperti blackberry dan beet mengubahnya menjadi merah coklat.

Sementara beberapa makanan seperti asparagus dan petai, vitamin serta antibiotic dapat menyebabkan urine memiliki bau. Namun jika Anda mendapati air kencing beraroma seperti buah dan rasanya manis, kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh diabetes. Infeksi saluran kemih juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap.

Gejala umum masalah kencing

Waspada dengan Masalah Kencing Berikut ini, ya? | Breaktime
Cukup asupan cairan menjauhkan masalah kencing

Masalah kencing paling sering dialami sebenarnya merupakan gejala awal dari masalah kencing, B’timers. Jika Anda merasakan seperti terbakar atau perih ketika buang air kecil, itu adalah gejala yang paling umum dari infeksi saluran kemih. Beberapa orang mengaku terlalu sering buang air kecil tanpa mengeluarkan banyak urine disertai nyeri tepat di bawah tulang rusuk di atas pinggang.

Yang paling mengerikan adalah jika Anda kencing dibarengi dengan keluarnya warna merah, coklat atau merah muda. Banyak orang yang merasa ketakutan karena mendapati warna yang tidak biasa dalam urinenya. Namun itu bisa berarti Anda terlalu banyak melakukan latihan fisik, seperti berjalan atau bersepeda, B’timers.

Dan sebenarnya saat tubuh mengalami dehidrasi, maka urine akan lebih terkonsentrasi dan buang air kecil pun dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Jalan terbaiknya adalah dengan minum lebih banyak cairan, untuk menjaga warna air kencing Anda kuning bening atau bening seperti air.

Selain masalah kencing paling sering dialami, Anda juga perlu waspada pada gejala yang datang secara bersamaan. Karena itu bisa jadi Anda memiliki infeksi saluran kemih. Infeksi ini lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria. Namun ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter jika mendapati rasa yang cukup mengganggu atau bahkan sakit ketika buang air kecil, B’timers. (NO)

Share This Article