Hati-hati dengan Kolesterol Tinggi dan Gejalanya | Breaktime
Hati-hati dengan Kolesterol Tinggi dan Gejalanya
05.05.2017

Sejak lama tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh merupakan alasan utana di dalam meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular. Rasanya terkait masalah tersebut telah diketahui oleh banyak orang, ya? Jenis penyakit yang termasuk di dalam penyakit kardiovaskular, seperti misalnya penyakit jantung, stroke hingga pembuluh darah periver.

Bahkan menurut penelitian terbaru, terbukti jika kolesterol tinggi juga meningkatkan risiko kesehatan di kaki Anda, lho, B’timers. So, untuk mencegah meningkatnya risiko dari penyakit karena kolesteol tinggi, ada baiknya kita mulai memperhatikan asupan makanan sekaligus kebiasaan hidup sehat, seperti rutin berolahraga. Yuk, intip kolesterol tinggi dan gejalanya berikut ini, B’timers!

Baca juga: TANDA-TANDA KOLESTEROL BISA BAHAYAKAN KAKI ANDA!

Jika berdasarkan penelitian yang selama ini dilakukan untuk mengetahui gejala dari kolesterol tinggi, sebenarnya tidak diketahui secara pasti penyebab di balik meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh seseorang. Dan jika Anda ingin mengetahui tingkat dari kadar kolesterol di dalam darah Anda, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah mengandalkan tes darah.

Hati-hati dengan Kolesterol Tinggi dan Gejalanya | Breaktime
Hindari kebiasaan makan buruk

Namun yang jauh lebih penting sebelum Anda menjalani pemeriksaan darah demi mengetahui kadar kolesterol di dalam darah Anda, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda, B’timers. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter akan memberikan saran agar pasien rutin di dalam melakukan tes darah selama beberapa waktu sekali.

Baca juga: LANGKAH SEDERHANA UNTUK CEGAH KOLESTEROL TINGGI!

Salah satu kolesterol tinggi dan gejalanya yang bisa kita deteksi dengan sangat mudah adalah apabila seseorang memiliki garis keturunan dari keluarga yang juga memiliki riwayat kolesterol tinggi. Dan tak hanya itu saja, B’timers. Selain riwayat kolesterol tinggi di dalam keluarga, sangat penting mengecek apakah ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung dan risiko lainnya.

Tahukah Anda jika alasan yang menjadi penyebab meningkatnya kadar kolesterol di dalam darah Anda adalah karena kolesterol jahat yang menumpuk di dalam pembuluh darah, B’timers. Seperti yang kita ketahui, jika kolesterol akan dibawa melalui aliran darah dan selanjutnya akan menempel pada protein yang ada di dalam tubuh.

Hati-hati dengan Kolesterol Tinggi dan Gejalanya | Breaktime
Biasakan diri aktif berolahraga

Yang terjadi di saat kolesterol jahat menumpuk di dalam arteri darah, maka partikel kolesterol pun akan tersebar ke seluruh tubuh Anda, B’timers. Apabila kolesterol tersebut semakin menumpuk di permukaan dinding arteri, maka akibatnya adalah akan terjadi penyempitan pembuluh darah. Jika sudah seperti itu, tidak mengherankan aliran darah yang menuju jantung pun akan terpengaruhi.

Baca juga: KADAR KOLESTEROL TINGGI? AWAS, INI AKIBATNYA

Tanda jika seseorang berisiko memiliki kadar kolesterol tinggi adalah karena kebiasaan hidup tak sehat, seperti misalnya mengonsumsi makanan-makanan cepat saji yang mengandung terlalu banyak lemak jahat, merokok, meminum minuman beralkohol hingga keengganan untuk menjaga agar tubuh tetap aktif. Lemak sejatinya dapat disingkirkan secara alami, namun jika Anda aktif bergerak, B’timers.

Well, fakta mengenai kolesterol tinggi dan gejalanya yang seharusnya Anda kenali adalah, kolesterol tinggi dapat menyebabkan artherosclorosis. Kondisi ini adalah di saat terjadinya penumpukan plak di dinding arteri Anda, B’timers. Nah, gejaka kesehatan seperti ini terbukti sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh semua orang.

Untuk gejala yang paling umum dirasakan oleh penderita kolesterol tinggi adalah rasa sakit maupun nyeri yang muncul pada area dada. Alasannya adalah karena terjadinya penyumbatan pembuluh darah karena menumpuknya plak dari kolesterol jahat, B’timers. Sementara itu, untuk kolesterol tinggi dan gejala yang tidak disadari banyak orang adalah serangan jantung mendadak, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE