Hati-hati dengan 4 Makanan Enak Ini | BREAKTIME
Hati-hati dengan 4 Makanan Enak Ini
08.03.2015

Tampilannya memikat, rasanya juga lezat. Tapi siapa yang menyangka kalau makanan-makanan semacam ini ternyata buruk untuk kesehatan dan kecantikan? B’timers, mulai saat ini Anda harus waspada dan memilah makanan dengan lebih bijak kalau tak mau tubuh merasakan kerugiannya.

Supaya Anda bisa lebih berhati-hati, berikut Breaktime sajikan beberapa makanan enak yang ternyata menyimpan ‘bahaya’ untuk kesehatan dan kecantikan:

Donat

Donat tinggi akan gula yang bisa menyebabkan obesitas
Donat tinggi akan gula yang bisa menyebabkan obesitas

Pembuatan donat yang melalui proses penggorengan dan masih ditambah lagi dengan olesan mentega serta taburan berbagai topping menjadikannya sebagai salah satu penyumbang kalori terbesar untuk tubuh. 

Jika Anda tetap ingin menikmati kudapan manis satu ini, coba buat sendiri di rumah dan lakukan beberapa food swaps. Contohnya saja mengganti mentega biasa dengan low fat butter, dan menaburkan roasted almond sebagai pengganti aneka topping bergula. 

Daging merah

Ternyata, terlalu banyak makan daging merah bisa memicu timbulnya kerutan di wajah
Ternyata, terlalu banyak makan daging merah bisa memicu timbulnya kerutan di wajah

Tenang saja, B’timers! Anda tidak perlu menjadi vegetarian dengan tidak mengonsumsi daging sama sekali. Namun, sebisa mungkin membatasi konsumsi olahan daging merah hanya sekali seminggu. Meski merupakan sumber protein yang baik, namun terlalu banyak menyantap daging merah bisa memicu timbulnya kerutan di kulit.

Di dalam daging merah terdapat kandungan carnitine yang menyebabkan dinding pembuluh darah mengeras. Hal ini tentu membuat aliran darah di bawah kulit kurang lancar dan akhirnya memicu timbulnya kerutan. 

Makanan Pedas

 

Makanan pedas, boleh dikonsumsi tapi harus dibatasi
Makanan pedas, boleh dikonsumsi tapi harus dibatasi

Baik untuk metabolisme tubuh, sayangnya kurang bersahabat dengan kulit. Ya, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas ternyata bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan perluasan pembuluh darah. Hal ini membuat kulit jadi tampak lebih kusam dan lelah. Tak mau mengalaminya kan, B’timers?

Permen

Kandungan gula dalam permen bisa membuat cepat lelah
Kandungan gula dalam permen bisa membuat cepat lelah

Makanan manis memang bisa membuat Anda jadi lebih semangat karena kandungan gula di dalamnya meningkatkan insulin dengan cepat. Sayangnya, kadar insulin ini juga akan menurun dengan cepat dan membuat tubuh terasa lemas serta lebih mudah lelah. 

Meskipun berpotensi mengganggu kesehatan dan kecantikan, bukan berarti makanan-makanan tersebut tak boleh dikonsumsi. Sesekali menyantapnya dalam porsi kecil tentu bisa memuaskan lidah B’timers!

Share This Article