Cedera Kepala Bisa Sebabkan Gangguan Mata | Breaktime
Hati-Hati, Cedera Kepala Bisa Sebabkan Gangguan Mata
20.12.2015

B’timers, apa Anda pernah mengalami cedera kepala? Sebaiknya Anda berhati-hati dan jangan segan memeriksakan ke dokter jika pernah mengalami cedera tersebut. Pasalnya, cedera kepala ternyata bisa berakibat sangat buruk untuk kesehatan. Tidak hanya merusak fungsi otak, cedera kepala juga berpotensi mengganggu kesehatan mata dan penglihat Anda.

Dr. Moshirfar dari pusat kesehatan dan penyakit di Amerika mengatakan bahwa gangguan penglihatan pada mata hampir 75 persen disebabkan karena kerusakan otak. Sementara kerusakan otak sebagian besar disebabkan oleh cedera kepala baik itu karena benturan benda tumpul maupun benda tajam.

Jutaan kasus cedera kepala disebabkan karena kecelakaan kecil. Jika Anda tak segera menanganinya, hal itu bisa saja menyebabkan gangguan pada penglihatan mata Anda. Anda bisa saja secara tiba-tiba merasakan kesulitan memfokuskan mata Anda ketika berpindah melihat benda dari jarak jauh ke dekat dan melihat benda tampak ganda.

Pada beberapa kasus, Anda akan merasa mual ketika menggeser pandangan Anda ke sekitar, sensitif terhadap cahaya dan ketika membaca huruf-huruf seperti bergerak dari halaman buku.

Cedera Kepala Bisa Sebabkan Gangguan Mata | Breaktime
Gangguan penglihatan ketika membaca

Parahnya, jika tak segera diatasi cedera kepala tersebut bisa saja mengakibatkan masalah penglihatan yang lebih serius. Berikut masalah penglihatan serius yang kami rangkum untuk Anda, B’timers.

  • Pelepasan retina

Retina Anda adalah jaringan lapisan tipis yang melapisi bagian dalam belakang mata Anda. Perannya adalah untuk membantu mengubah gambar memasuki mata Anda menjadi sinyal yang masuk ke otak melalui saraf optik. Dalam beberapa kasus cedera kepala menyebabkan pendarahan pada retina di kedua mata.

Jika itu terjadi, maka diperlukan intervensi bedah. Jika terambat ditangani, hal tersebut bisa saja menyebabkan kebutaan permanen pada mata.

  • Pendarahan pada vitreous

Setiap mata mengandung lapisan bening seperti jelly yang disebut humor vitreous. Vitreous terdapat pada pupil mata yang menangkap cahaya sebelum jatuh pada retina. Cedera kepala dapat menyebabkan pembuluh darah di mata Anda berdarah ke dalam vitreous.

Meskipun luka ini bisa sangat bermasalah pada awalnya, Moshirfar mengatakan bahwa sebagian besar perdarahan vitreous bisa disembuhkan dengan bantuan obat. Namun tidak semua kasus pendarahan pada vitreous bisa disembuhkan dan bisa saja berakibat pada kerusakan mata yang lebih fatal.

  • Kerusakan saraf optik

Cedera kepala juga memiliki potensi untuk menyebabkan peningkatan tekanan di dalam tengkorak. Hal ini pada akhirnya bisa menempatkan tekanan pada saraf optik Anda, yang membawa pesan dari mata ke otak. Tekanan ini bisa "tersedak" pada saraf optik, memotong sirkulasi darah, menyebabkan kerusakan saraf dan akibat buruknya bisa menyebabkan kebutaan.

Nah, jika Anda kebetulan mengalami cedera kepala, segera periksakan agar tidak terlambat dan mengakibatkan hal yang lebih fatal. Lebih baiknya Anda lebih berhati-hatai dalam setiap aktivitas. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan, B’timers? (nap)

Share This Article