Awas! 4 Penyakit Tulang ini Jarang Diketahui! | Breaktime
Hati-hati, 4 Penyakit Tulang ini Jarang Diketahui!
01.07.2016

Yang terbesit di dalam pikiran ketika membaca tentang penyakit tulang, mungkin hanya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Well, yang namanya penyakit tulang pasti akan mengganggu aktivitas harian seseorang, B’timers. Ini karena tulang memiliki fungsi vital bagi tubuh kita. Dan berikut daftar 4 penyakit tulang yang jarang diketahui, B’timers!

Penyakit paget

Jelas Anda tidak pernah mendengar penyakit tulang yang satu ini. Nah, kondisi penyakit tulang ini terjadi ketika siklus pembaharuan dan perbaikan tulang tidak berjalan sebagaimana seharusnya, B’timers. Pada penyakit paget, regenerasi tulang berlangsung lebih cepat dari biasanya. Dampak dari kelainan ini, maka tulang akan menjadi lemah dan mengalami kelainan bentuk. Gejala yang dirasa adalah nyeri tulang.

Tulang rapuh

Nama lain dari penyakit tulang rapuh adalah osteogenesis imperfect (OI). Penyakit yang berarti tidak sempurnanya pembentukan tulang ini dapat terlihat, tulang penderita yang mengalami kerapuhan, jadi lebih mudah retak dan patah. Meskipun penyakit ini bersifat ringan, namun ketika penyakit tulang rapuh makin parah, bisa mengakibatkan terjadinya gagal jantung hingga masalah di sumsum tulang belakang.

Awas! 4 Penyakit Tulang ini Jarang Diketahui! | Breaktime
Konsultasikan pada dokter jika mengalami keluhan pada tulang

Metastasis tulang

Salah satu dari 4 penyakit tulang yang jarang diketahui berikutnya adalah metastasis tulang, B’timers. Ini terjadi ketika sel-sel kanker menyebar ke tulang. Sel kanker yang menyebar biasanya berasal dari berbagai jenis kanker yang sebelumnya sudah ada. Biasanya metastasis tulang terjadi pada tulang belakang, panggul dan tulang paha. Tandanya adalalh rasa nyeri dan tulang lebih mudah patah.

Osteodistrofi ginjal

Kalau jenis penyakit tulang yang satu ini, lebih sering menyerang mereka yang mengalami gangguan ginjal, B’timers. Penyakit jenis ini sebenarnya hal yang umum terjadi pada penderita penyakit ginjal dan pasien cuci darah. Jika penyakit tulang ini menyerang anak-anak, yang terlihat adalah adanya hambatan pertumbuhan tulang yang menyebabkan penderitanya mengalami cacat fisik, B’timers.

So, untuk menghindari 4 penyakit tulang yang jarang diketahui, sebaiknya biasakan diri menjalankan gaya hidup sehat, B’timers. (NO)

Share This Article