Jangan Sampai Kurang Tidur! Ini Sebabnya | Breaktime
Hari-Hati, Jangan Sampai Kurang Tidur! Ini Sebabnya
09.01.2016

Setiap manusia membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Namun, disisi lain, tidur juga sangat berpengaruh terhadap kecantika,  lho. Berikut merupakan hal-hal yang akan terjadi pada wajah dan tubuh B’timers ketika kurang tidur.

Mempercepat penuaan

Penelitian di University Hospitals Case Medical Center di Cleveland, menemukan bahwa mereka yang tidur dengan kualitas rendah menunjukkan tanda-tanda penuaan dini lebih awal. Penuaan dini ini juga terlihat dari berkurangnya elastisitas kulit, serta munculnya garis-garis halus.

Penelitian oleh American Academy of Sleep Medicine juga menemukan bahwa hanya kurang tidur selama satu malam saja, juga dapat menyebabkan terjadinya penuaan biologis.

Jangan Sampai Kurang Tidur! Ini Sebabnya | Breaktime
Masalah rambut rontok bisa disebabkan oleh kurang tidur

Rambut menipis

Jangan mengharapkan rambut indah jika Anda kurang tidur. Dr. Candace Spann, dokter spesialis kulit dan rambut rontok, mengatakan bahwa kurang tidur akan meningkatkan kadar kortisol dan mengurangi produksi kolagen dan elastisitas. Kondisi inilah yang memicu terjadinya rambut rontok.

Peningkatan berat badan

Kurang tidur akan meningkatkan ‘hormon lapar’ pada seseorang. Hal ini berkaitan dengan menurunnya kadar leptin yang dapat meningkatkan metabolisme sekaligus menekan nafsu makan, serta meningkatnya hormon ghrelin yang dapat merangsang nafsu makan.

Tampak lelah

Saat kurang tidur, wajah seseorang akan tampak lelah jika dibandingkan dengan orang lainnya. Penelitian yang dilakukan oleh Karolinska Institutet in Stockholm dan Stockholm University, menemukan bahwa tujuh dari sepuluh orang dalam foto tampak lelah ketika mereka kurang tidur. Bahkan dalam foto juga terlihat mata yang merah, lingkaran gelap di bawah mata, serta garis-garis halus.

Jangan Sampai Kurang Tidur! Ini Sebabnya | Breaktime
Kurang tidur merupakan penyebab terburuk kantung mata

Kantung mata

Anda tentu tak akan tampil cantik dengan kantung mata. Meskipun kini telah banyak beredar pengobatan yang dapat mengatasi kantung mata, namun semuanya tak akan bekerja jika Anda kurang tidur.

Para dokter di Atlantik Eye Institute, mengatakan bahwa kurang tidur merupakan penyebab terburuk kantung mata, yang juga bisa dipicu oleh dehidrasi, alergi, penuaan dan keturunan.

Jerawat

Tingkat stres akan meningkat ketika Anda mengalami kurang tidur. Akibatnya, akan timbul jerawat pada wajah Anda. Hal ini diawali dengan peningkatan hormon kortisol yang memicu insulin untuk merangsang kelenjar minyak. Anda mungkin bisa mengobatinya dengan obat-obatan dan produk kecantikan. Namun, obat terbaik adalah cukup tidur.

Ruam pada kulit

Kurang tidur akan berakibat pada melemahnya sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh akan menghadapi kesulitan untuk melawan infeksi dan penyakit. Hal ini juga memicu terjadinya ruam kulit yang tak kunjung sembuh.

Nah, agar tetap cantik, sebaiknya tingkatkan kualitas tidur B’timers, yaitu selama 6 hingga 8 jam setiap malam. (dfr)

Share This Article