Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Anak Demam | Breaktime
Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Anak Demam
19.12.2016

Demam adalah kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Ketika anak mengalami demam seringkali para orang tua kebingungan karena suhu tubuh anaknya yang tak kunjung turun. Beberapa tindakan untuk mengatasi demam anak kadang bersifat berlebih, itu memang sangat wajar karena sebagai orang tua jelas kalau merasa panik ketika anak sedang sakit dan tak kunjung menurun suhu tubuhnya. Sebenarnya demam adalah suatu kondisi di mana tubuh mengalami mekanisme untuk mengatasi infeksi. Demam tidak akan membahayakan asalkan tidak menimbulkan dehidrasi, kesadaran menurun dan kejang. Demam juga dapat di artikan sebagai tanda pertahanan tubuh ketika ada benda asung dalam sistem tubuh, misalnya anak demam setelah pemberian imunisasi. Kalau seperti itu yang terjadi maka panas atau demam pada anak tidak memerlukan penanganan medis.

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Anak Demam | Breaktime
tidak tega melihat si kecil demam

Demam juga dapat terjadi karena adanya virus yang masuk kedalam tubuh dan yang seperti ini memerlukan antibioti untuk mengatasinya, Anda tidak perlu cemas ketika anak sedang demam. Untuk mengatasi demam anak hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui penyebabnya, jangan melakukan penanganan yang berlebihan sebelum mengetahui penyebab demam tersebut seperti langsung memberikan obat antibiotik dan langsung melakukan cek darah hal itu akan lebih merugikan anak dari pada menghilangkan demamnya.

Pertolongan Ketika Anak Sedang Demam

  • Pahami gejala yang nampak

Demam yang disebabkan oleh virus akan membuat anak nampak lesuu dan tidak memiliki gairah untuk bermain bersama temannya, infeksi virus ditandai dengan batuk, pilek, atau diare. Salah satu ciri demam yang disebabkan oleh virus adalah demam tinggi selam 1-2 haridan biasanya pada hari ke 4-5 demam naik tapi tidak terlalu tinggi dibandingkan pada hari pertama. Demam yang disebabkan karena virus umumnya akan membaik pada hari ke 6 atau ke 7 jadi demam jenis ini tidak memerlukan antibiotik atau cek darah.

  • Kompres dengan air hangat

Apabila demam disebaban karena infeksi virus, pertolongan pertama yang dapat Anda berikan adalah dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Air hangat dapat langsung pada pusattubuh sehingga akan menurunkan suhu tubuh secara otomatis, hindarilah menggunakan air dingin ataupun alkohol karena alkohol akan berbahaya karena uapnya berdampak buruk apabila terhirup oleh anak-anak. Tapi Anda dapat menggunakan plaster kompres yang dapat Anda temui di pasaran.

  • Memeriksa suhu tubuh secara rutin

Kontrollah suhu tubuh anak dengan menggunakan termometer, suhu normal pada anak berkisar antara 36-37 derajat celcius jadi apabila anak Anda mengalami suhu tubuh di atas 37 derajat Anda harus memberikan terapi ringan dulu seperti banyak minum air putih agar anak tidak mengalami kekurangan cairan.

  • Memberikan obat penurun panas

Apabila gejala demam tidak kunjung menurun maka Anda dapat memberikan obat penurun demam khusus anak sesuai dengan usianya dengan cara memberikan parasetamol. Parasetamol adalah obat penurun demam atau panas yang memiliki efek samping yang rendah pada bayi. Berikanlah sesuai dosis yang dianjurkan karena bila tidak sesuai dengan dosis dapat menyebabkan resiko gangguan fungsi hati.

  • Dokter

Apabila demam pada anak tidak kunjung menurun alangkah lebih baiknya jika Anda membawa pada dokter anak, terlebih apabila usia sang anak masih dibawah satu tahun.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi demam anak, untuk mencegah anak mengalami gangguan kesehatan sebaiknya Anda juga memperhatikan setiap asupan gizi yang Anda berikan. (dsa)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE