Gigi Cenut-Cenut, Coba 8 Kiat Darurat Ini! | Breaktime
Gigi Cenut-Cenut, Coba 8 Kiat Darurat Ini!
02.12.2015

Sakit gigi memang sangat mengganggu. Bahkan seringkali, bukan hanya bagian gigi saja yang sakit, tapi juga menyebabkan rasa ngilu di mata dan sakit kepala. Nah, agar sakit gigi tak makin menyiksa, coba lakukan treatment berikut.

Minyak cengkeh

Tahukah Anda bahwa minyak cengkeh bisa menjadi penghilang rasa sakit alami? Minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol yang bertindak sebagai anestesi alami. Tapi, jangan sekalipun meneteskan langsung minyak cengkeh pada bagian gigi yang sakit jika tak ingin sakit gigi makin menjadi-jadi. Gunakan bola kapas yang ditetesi minyak cengkeh, kemudian tempelkan pada gigi Anda.

Pasta jahe

Jahe merupakan obat penghilang rasa sakit yang kuat. Selain itu, kandungan capcaisin juga dapat memhalangi pesan rasa sakit sampai di otak. Buatlah pasta jahe yang berasal dari campuran jahe dan air. Gulung bola kapas kecil, olesi dengan pasta jahe, kemudian lekatakkan pada gigi Anda. Pada awal pemakaian, Anda mungkin akan merasa panas seperti terbakar sebelum sakit berangsur-angsur mnghilang.

Gigi Cenut-Cenut, Coba 8 Kiat Darurat Ini! | Breaktime
Teh dapat membantu meredakan sakit gigi

Teh

Teh hitam maupun teh peppermint bisa Anda jadikan pilhan untuk mengatasi sakit gigi. Kandungan tannin dalam the dapat mengatasi rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan. Selain untuk berkumur, kantong teh yang masih hangat bisa Anda tempelkan kebagian yang sakit untuk meredakan nyeri.

Air garam

Gunakan air garam sebagai obat kumur yang dapat membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan dapat mengurangi pembengkakan. Campurkan satu sendok teh garam dengan segelas air panas, kemudian gunakan sebagai obat kumur. Ulangi hingga beberapa kali.

Es batu

Es batu dapat berfungsi untuk mematikan saraf sementara. Wadahi es batu menggunakan kantong plastic, kemudian balut dengan kain tipis. Tempelkan pada gigi yang sakit atau dibagian pipi selama 15 menit.

Gigi Cenut-Cenut, Coba 8 Kiat Darurat Ini! | Breaktime
Gunakan permen karet untuk menutup lubang pada gigi.

Tutup lubang gigi dengan permen karet

Salah satu penyebab sakit gigi adalah adanya gigi berlubang. Nah, agar tak sakit lagi, Anda bisa menggunakan permen karet lembut untuk menutup lubang tersebut. Pilih permen karet bertekstur lembut dan tanpa gula, kemudian isi lubang pada gigi dengan permen tersebut dan segera datangi dokter.

Sikat gigi

Untuk membersihkan gigi dari kotoran, Anda bisa menggosok gigi. Namun, gunakan pasta gigi yang tepat, serta sikat berbulu lembut. Pasta gigi yang salah serta sikat yang kasar dapat menyebabkan sakit gigi Anda semakin parah.

Lakukan pijatan ringan

Untuk menghentikan sakit gigi dengan cepat, Anda bisa menerapkan teknik akupresur. Lakukan pijatan lembut pada daging antara ibu jari dan telunjuk selama 5 menit. Pijatan ini, akan membantu pelepasan endorfin dari otak, sehingga rasa sakit menurun.

Yuk, coba cara-cara mudah ini untuk meredakan sakit gigi! (dfr)

Share This Article