GERD, Penyakit Berbahaya yang Sering Diremehkan | Breaktime
GERD, Penyakit Berbahaya yang Sering Diremehkan
31.05.2015

Beberapa waktu lalu, dunia perfilman Indonesia dikejutkan dengan berita meninggalnya seorang aktor kawakan yang sudah malang melintang dalam jagat hiburan Tanah Air, Didi Petet. Kabarnya, kematian Didi Petet disebabkan karena penyakit asam lambung yang telah lama dideritanya.

Memang terkesan sepele, namun ternyata penyakit asam lambung atau dalam istilah medisnya disebut dengan nama Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) ini sangat berbahaya lho B'timers.

Lambung adalah organ penting manusia yang berperan sebagai salah satu alat pencernaan di dalam tubuh dan memiliki dua lubang berongga yaitu saluran masuk esofagus yang juga merupakan penghubung antara mulut dan lambung dan sebuah saluran lain sebagai pintu keluar menuju usus kecil.

Sedangkan penyakit asam lambung atau GERD merupakan kondisi di mana naiknya asam lambung karena luka atau peradangan menuju esofagus dan memunculkan sensasi seperti terbakar pada bagian dada dan nyeri pada ulu hati.

Kenali rasa sakit yang ada pada lambung secara seksama
Kenali rasa sakit yang ada pada lambung secara seksama

Penyebab munculnya asam lambung karena pola makan yang tidak sehat dan teratur, tidak berfungsinya lower esophageal sphincter (LES) atau otot pada bagian bawah dari esofagus, menurunnya dan terganggunya kinerja lambung karena infeksi, makanan terlalu berat dicerna sehingga lambung harus bekerja ekstra, kurangnya asupan makanan dan minuman bergizi, dan terjadinya sekresi pada lambung yang berlebihan.

Gejala dari penyakit satu ini adalah sensasi nyeri pada bagian ulu hati, dada seperti terbakar, mulut menjadi pahit karena ada asam yang naik (regurgitasi), tenggorokan sakit karena terdapat luka, mual, kehilangan nafsu makan, kembung, susah BAB, berkeringat tanpa alasan, sering pusing, muntah-muntah bahkan sampai muntah kering, sulit menelan, sering bersendawa dan mengalami batuk kronis.

Nah, kenapa penyakit asam lambung masuk dalam kategori berbahaya? Hal ini disebabkan karena GERD dapat mengakibatkan perubahan struktur dinding di tenggorokan yang dapat menyebabkan munculnya penyakit Barrett's atau cikal bakal kanker tenggorokan.

Tidak hanya itu saja, penyakit satu ini juga dapat mengakibatkan erosi pada gigi, memunculkan faringitis kronis, menimbulkan masalah pada rongga hidung (sinusitis), pita suara (laringitis), saluran pernapasan bawah (asma) sampai dengan menyebabkan fibriosis paru idiopatik.

GERD merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat diremehkan begitu saja, karena apabila didiamkan dan tidak ditangani secara serius, maka efeknya dapat mengakibatkan kematian. Apabila B'timers mengalami gejala-gejala seperti di atas, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli.

Share This Article