Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Alkohol | Breaktime
Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Alkohol
11.11.2016

Alergi adalah salah satu hal yang sangat mengganggu, alergi makanan seafood misalnya, tentu hal ini akan membuat si penderita alergi tersebut tidak bisa menikmati hidangan seafood karena akan menimbulkan beberapa gejala seperti gatal dan juga sesak nafas jika memaksakan diri untuk memakan makanan seafood tersebut. Tidak hanya makanan, ada juga alergi yang disebabkan karena hal di luar makanan seperti udara, debu, atau cuaca. Salah satu alergi yang juga mengganggu adalah alergi alkohol.

Dalam beberapa kasus orang yang alergi dalam mengkonsumsi minuman beralkohol reaksi yang yang ditimbulkan juga berbeda-beda setiap orang. Ada yang merupakan alergi ringan da nada juga yang tergolong alergi alkohol yang berat. Alergi alkohol ini tidak hanya pada minuman yang mengandung alkohol namun juga bisa disebabkan karena obat-obatan. Untuk reaksi tubuh yang alergi alkohol dengan tingkatan yang termasuk rendah atau ringan, gejalanya adalah sebagai berikut:

  • Kulit kemerahan, bisa juga pada bagian wajah
  • Kulit terasa panas
  • Gatal-gatal pada kulit
  • Bentol-bentol pada kulit

Sedangkan untuk orang yang alergi alkohol dengan reaksi yang berat gejalanya adalah sebagai berikut:

  • Sakit kepala
  • Hidung berair atau tersumbat
  • Mual dan muntah
  • Tekanan darah rendah
  • Kematian

Gejala-gejala yang timbul di atas tergantung dari reaksi tubuh penderita alergi alkohol. Alergi ini biasa terjadi karena adanya faktor genetik dimana tubuh seseorang tidak mampu melawan alkohol. Alergi alkohol ini sendiri bisa disebabkan dengan mengkonsumsi minuman alkohol dan juga makanan yang mengandung alkohol atau obat-obatan tertentu. Jika tubuh sudah menunjukkan gejala-gejala di atas setiap selesai mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung alkohol dan juga saat selesai mengkonsumsi obat-obatan tertentu seharusnya Anda tidak melanjutkan konsumsi alkohol tersebut terutama jika reaksi yang ditimbulkan tubuh setelah mengkonsumsi alkohol tergolong alergi alkohol yang berat.

Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Alkohol | Breaktime
Sakit kepala adalah salah satu gejala alergi alkohol

Di ilmu kedokteran ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergi alkohol ini yang biasa disebut dengan istilah desensitisasi. Desensitisasi ini adalah istilah dalam dunia kedokteran yang mengurangi alergi dengan cara mengonsumsinya sedikit demi sedikit. Jadi jika ada orang yang alergi seafood bisa mengurangi alerginya dengan tetap mengkonsumsi seafood namun dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Untuk alergi alkohol ini pun juga sama, jika Anda yang memiliki alergi alkohol dan mencoba untuk mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedikit lalu tidak ada keluhan apa pun maka Anda bisa meningkatkan dosis alkohol untuk Anda konsumsi dan begitu seterusnya.

Namun sangat tidak dianjurkan untuk Anda yang sudah mencoba dalam dosis rendah atau jumlah yang sedikit saat mengkonsumsi alkohol dan masih timbul gejala-gejala alergi maka Anda harus benar-benar menghindari makanan atau minuman pemicu alergi alkohol Anda kambuh. Alergi alkohol atau alergi lainnya sangat sulit untuk diobati selain dengan cara menghindari penyebab alergi tersebut kambuh. Di samping itu alkohol sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh akan lebih baik jika tubuh tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali agar tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit yang berbahaya.

Jangan teruskan mengkonsumsi alkohol dan sayangilah tubuh Anda dengan cara menjaganya dari makanan dan minuman yang bisa memicu penyakit kronis. Akan lebih baik jika Anda menerapkan gaya hidup sehat dan tidak perlu repot-repot merasakan alergi alkohol yang bisa membahayakan nyawa Anda sendiri. (naf)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE