Gaya Yoga untuk Pekerja Kantor yang Sering Duduk | Breaktime
Gaya Yoga untuk Pekerja Kantor yang Sering Duduk
16.02.2017

Percayakah Anda apabila pekerjaan perlahan dapat membunuh Anda, B’timers? Jangan salah, karena hal ini terbukti benar, lho. Well, meskipun sebenarnya hal itu bukan karena pekerjaannya, melainkan karena tingkat stres yang diberikan oleh pekerjaan, menjadi penyebab utama yang dapat mempengaruhi faktor kesehatan Anda. Seperti meningkatnya risiko serangan jantung, depresi dan penuaan dini. Bahaya yang mengerikan ini tersembunyi di balik kebiasaan pekerja kantor yang sering duduk, lho, B’timers.

Terlalu sering duduk ternyata dikatakan merupakan cara “merokok” yang baru dan tak kalah mematikan dibandingkan menghisap nikotin, lho! Dan dengan begitu banyaknya efek negatif yang diberikan karena kebiasaan duduk terlalu sering, sangat disarankan untuk setiap pekerja kantor untuk meluangkan waktu melakukan latihan fisik, B’timers. Salah satu olahraga yang direkomendasikan bagi para pekerja kantor adalah yoga. Dan di bawah ini gerakan yoga untuk para pekerja kantoran yang terlalu lama duduk.

Gaya Yoga untuk Pekerja Kantor yang Sering Duduk | Breaktime
Gaya Downward-facing dog. Photo by huffingtonpost.com

Downward-facing dog atau adho mukha svanasana. Mulailah pose yoga ini dengan membentuk huruf V terbalik. Rentangkan tangan di depan tubuh, angkat pinggul dan rentangkan kaki hingga selebar pinggul. Tempelkan telapak tangan pada permukaan lantai dengan mengarah ke depan. Perhatikanlah hitungan napas Anda dan lakukan peregangan ini selama 30 – 60 detik.

Gaya yoga yang satu ini dapat membantu menguatkan otot-otot dalam tubuh, mengurangi ketegangan pada bahu, melemaskan leher dan memungkinkan aliran darah mencapai ke otak. Dan karena Anda di kantor sering duduk, gerakan ini dapat membantu meregangkan kaki. Pose ini juga sangat efektif untuk meregangkan pergelangan tangan dan sendi lengan yang lelah karena berjam-jam mengetik.

Gaya Yoga untuk Pekerja Kantor yang Sering Duduk | Breaktime
Gaya Mountain pose. Photo by huffingtonpost.com

Mountain pose atau tadasana. Setelah sepanjang hari melawan kesibukan yang membuat punggung dan dada terasa lelah, lakukan gaya yoga yang satu ini, deh, B’timers. Berdiri dengan posisi yang nyaman lalu regangkan kaki hingga selebar pinggul. Setelah itu angkat kedua tangan ke atas kepala. Jaga agar telapak tangan menghadap ke depan denan ibu jari terhubung saat mulai menegakkan tubuh.

Lakukan gerakan ini dengan perlahan membungkukkan tubuh, kemudian menarik tubuh Anda semakin ke belakang. Atur napas Anda dan usahakan untuk bernapas dalam-dalam sesuai dengan hitungan saat Anda melakukan gerakan yoga yang satu ini. Pose yoga ini adalah gerakan yang sempurna untuk bantu membebaskan otot dada yang terasa tegang dan kaku.

Gaya Yoga untuk Pekerja Kantor yang Sering Duduk | Breaktime
Gaya Fish pose. Photo by huffingtonpost.com

Fish pose atau matsyasana. Apakah Anda mulai merasa kesibukan di kantor menambah kelelahan serta tingkat kecemasan, B’timers? Coba atasi kedua hal tersebut dengan melakukan pose yoga yang satu ini, deh. Duduklah pada pinggul Anda dengan kaki terjulur di depan Anda dan jari-jari kaki lurus ke depan. Bawa tangan Anda ke bawah pinggul dan bersandarlah ke belakang hingga tubuh terbaring.

Setelah tubuh Anda terbaring, angkatlah dada Anda ke atas hingga meregang ke arah bahu. Sementara untuk kepala, regangkan hingga ke lantai di belakang Anda, B’timers. Ambil napas dalam dan biarkanlah pose ini hingga selama 15 – 30 detik. Dengan pose ini, Anda dapat melepaskan ketegangan yang terasa di leher, tenggorokan dan kepala. Dan juga dapat membantu meregangkan otot dada.

Gaya Yoga untuk Pekerja Kantor yang Sering Duduk | Breaktime
Gaya Standing forward fold. Photo by huffingtonpost.com

Standing forward fold atau uttanasana. Sikap yoga dengan gaya membungkuk ke depan bisa membantu Anda mendapatkan perasaan menenangkan. Itulah sebabnya pose yang satu ini digunakan juga untuk membantu mengatasi stres dan kecemasan. Berdirilah dengan kaki meregang selebar pinggul. Setelah itu perlahan membungkuklah ke depan dari pinggul. Ulurkan kedua tangan hingga ujung jari kaki.

Latihan ini bisa membantu Anda meregangkan kekakuan yang terasa pada bahu dan kedua tangan Anda, lho, B’timers. Anda juga bisa menambahkan gerakan dengan menyatukan kedua tangan saat melakukan latihan ini. Latihan yang satu ini adalah gerakan yang sangat sempurna untuk mengatasi bahu yang lelah karena seharian duduk. Peregangan juga akan dirasakan oleh kedua kaki Anda.

Itulah tadi beberapa gaya yoga untuk pekerja kantor yang sering duduk, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE