Gadget Bisa Picu Komplikasi Gangguan Kesehatan | Breaktime
Gadget Bisa Picu Komplikasi Gangguan Kesehatan
27.10.2016

Di era digital siapa yang tak punya gadget, bahkan bisa jadi gadget adalah kebutuhan premier bagi sebagian besar orang. Hingga muncul berbagai meme lucu seperti “Mending ngga makan ketimbang ngga punya kuota internet”, ini membuktikan bahkan gadget sudah menjadi teman akrab dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Hal tersebut didukung hasil studi Ofcom, di mana rata-rata orang dewasa menghabiskan waktu 8 jam 41 menit untuk memakai gadget, sementara waktu tidur ideal rata-rata adalah 8 jam 21 menit. Ini berarti dalam 24 jam, dari keseluruhan waktu kita di luar jam tidur, kita menghabiskan lebih dari setengahnya untuk menatap layar gadget.

Gadget Bisa Picu Komplikasi Gangguan Kesehatan | Breaktime
Tak bisa lepas dari gadget

Well, ternyata gadget yang powerful dan canggih itu bisa sampai mengambil alih kehidupan kita, ya. FYI, selain menyita waktu kita, gadget juga mempengaruhi kesehatan, lho. Apa saja sih, risiko kesehatan yang terjadi akibat memakai gadget?

Kurang tidur

Tidur dengan ponsel berada di dekat Anda, bisa menimbulkan perasaan waspada dan tegang. Menurut sleep expert Dr Neil Stanley, tanpa sadar Anda mengharapkan panggilan atau pesan masuk, dan ini jelas membuat waktu tidur berkurang dan tidur juga tidak nyenyak.

Malas bergerak

Meski ada banyak fitness app yang membantu Anda tetap bugar, nyatanya teknologi justru cenderung membuat Anda lebih malas bergerak. Apalagi, jika Anda “rajin” melakukan aktivitas online menggunakan laptop, seperti belanja online, main game, menonton video sambil makan, apapun.

Gangguan penglihatan

Menurut studi dari College of Optometrists, kita menghabiskan hampir 50 jam seminggu untuk melihat layar komputer. Dan dalam jangka panjang, ini bisa memicu “computer vision syndrome”, atau sindrom penglihatan komputer, dengan gejala saraf mata jadi tegang, objek yang terlihat tampak seperti ganda dan bisa melihat hanya jarak pendek.

Gadget Bisa Picu Komplikasi Gangguan Kesehatan | Breaktime
Texting everywhere

Texter’s Neck

Juga biasa disebut sindrom Text Neck, ini biasa terjadi pada orang yang kecanduan smartphone, laptop atau tablet. Menatap layar dengan menunduk bisa membuat tulang leher sampai melengkung secara alami, dan otot yang ikut tertekuk, akan terasa sakit saat harus kembali ke posisi semula.

Efek radiasi

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa radiasi dari ponsel bisa menyebabkan risiko kanker. Sinyal dalam bentuk gelombang mikro terpancar saat ponsel digunakan, jika ponsel dipakai dalam durasi yang lama di dekat telinga, itu bisa menyebabkan perubahan pada DNA sel-sel otak dan bila itu rusak, mungkin bisa menjadi kanker.

Tak hanya kanker dan tumor otak, namun penggunaan smartphone juga mungkin menimbulkan risiko kanker payudara. Seperti pada pria, menaruh laptop di pangkuan atau mengantongi smartphone bisa menyebabkan ketidaksuburan, wanita juga perlu hati-hati menggunakan dan menaruh gadget khususnya smartphone saat dibawa ke mana-mana. Bukan berarti kita dilarang memakai gadget, namun berhati-hatilah menggunakannya. 

Gadget Bisa Picu Komplikasi Gangguan Kesehatan | Breaktime
Rutin cek kesehatan

Selain antisipasi tersebut, kita juga perlu sadar pentingnya deteksi dini bagi kanker, terutama kanker payudara pada wanita. Dan, dalam rangka menyambut Hari Kesadaran Kanker Payudara Internasional, AXA Life Indonesia mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kanker lewat program #DukunganCintaKamu yang berkolaborasi dengan yayasan peduli kanker yaitu Yayasan Kanker Indonesia dan LovePink.

Setiap pembelian produk AXA Cancer & Save, Anda akan memperoleh keuntungan berlipat ganda mulai dari perlindungan kanker sejak dini hingga perolehan diskon 50%. Tak hanya itu Anda juga bisa ikut berpartisipasi membantu para penderita kanker dengan mendonasikan 20% hasil pembelian diluar diskon kepada yayasan peduli kanker yang menjalin kerjasama. Program ini berlangsung dalam waktu terbatas hanya sampai 31 Oktober 2016 saja.  Untuk info selengkapnya Anda bisa lihat di sini .



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE