Flu Pada Pria dan Wanita Berbeda, Benarkah? | Breaktime
Flu Pada Pria dan Wanita Berbeda, Benarkah?
09.02.2016

Ketika musim hujan dan pancaroba, flu kerap kali menyerang dan mengganggu aktivitas harian. Salah satu penyakit pernapasan ini, memiliki berbagai gejala, seperti sakit kepala, demam, batuk, sakit tenggorokan, serta nyeri otot dan sendi. Tapi, tahukah Anda terdapat beda flu pada pria dan wanita? Apa saja ya? Berikut ulasannya.

Sensitifitas

John Oxford, profesor virology di Queen Mary, University of London, mengatakan bahwa terdapat perbedaan perilaku pada pria dan wanita ketika flu menyerang. Perbedaan ini sebenarnya diawali dari cara pandang pria dan wanita mengenai penyakit yang kemudian mempengaruhi perilaku mereka.

Wanita lebih sensitif terhadap kondisi kesehatan mereka, sehingga memutuskan untuk segera meminum obat atau beristirahat. Sedangkan kaum pria, merasa dirinya akan mati ketika sedang terserang flu. Akibatnya, mereka akan pergi ke tempat tidur untuk beristirahat dan mengharapkan perhatian dari pasangannya.

Flu Pada Pria dan Wanita Berbeda, Benarkah? | Breaktime
Pria mengharapkan perhatian penuh dari pasangannya ketika terserang infeksi

Kemampuan memerangi infeksi

Sebuah penelitian dari University of Cambridge menyimpulkan tentang kemampuan pria dan wanita dalam memerangi infeksi. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa wanita lebih baik dalam memerangi infeksi dibandingkan pria.

Perbedaan hormonal, menyebabkan pria lebih rentan terhadap infeksi daripada perempuan. Bahkan, di dunia hewan dari berbagai spesies, hewan berjenis kelamin jantan cenderung memiliki kekebalan yang lemah dibanding hewan betina.

Flu Pada Pria dan Wanita Berbeda, Benarkah? | Breaktime
Wanita memiliki kesadaran yang lebih tinggi menganai pentingnya vaksin

Faktor risiko dan vaksin

Selanjutnya, beda flu pada pria dan wanita juga dipengaruhi oleh pemahaman mereka tentang faktor risiko dan vaksin. Wanita, terutama ibu hamil yang sensitif terhadap kondisi tubuhnya, akan memilih vaksin sebagai perlindungan diri terhadap flu. Sedangkan kaum pria, yang menganggap bahwa dirinya adalah makhluk kuat, tentu sangat jarang mendapatkan vaksin flu untuk dirinya sendiri.

Flu memang sangat menganggu dan menurunkan kekebalan tubuh dengan cepat. Oleh karena itu, mengetahui beda flu pada pria dan wanita akan memudahkan B’timers untuk mengatasi dan mencari pengobatan yang tepat. Fakta ini, juga mengingatkan para wanita untuk tidak terkejut ketika pria menjadi sedikit manja saat mereka terserang flu. (dfr)

Share This Article