First Aid untuk Kesehatan Mental Warga Skotlandia | Breaktime
First Aid untuk Kesehatan Mental Warga Skotlandia
01.02.2017

Apakah aku mengalami depresi?” dan “Bagaimana caranya aku mengurangi tingkat stres?” Pertanyaan lainnya, adalah “ Kenapa aku merasa cemas berlebih?” Well, well, B’timers, jika Anda merasa, bahwa diri Anda mengalami masalah kesehatan mental, pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah sesuatu yang biasa terlintas di dalam pikiran. Dan jangan khawatir, karena Anda tidaklah sendirian. Karena setidaknya satu dari empat orang memiliki masalah dengan kesehatan mental sekali dalam seumur hidupnya, B’timers.

Namun jangan khawatir, dong. Mengintip dari warga Skotlandia yang memiliki tingkat kebahagiaan yang paling tinggi di dunia, berikut ini tips untuk memperbaiki kesehatan mental Anda, B’timers!

Hargailah diri Anda sendiri. Nah, inilah tips pertama yang harus Anda tekankan pada diri sendiri. Apabila kita memperlakukan diri sendiri dengan penuh rasa hormat dan hal-hal positif, serta menghindarkan diri dari kritik yang berbau negatif. Luangkan waktu Anda untuk melakukan hobi atau kegiatan favorit. Anda juga bisa memperluas wawasan dengan melakukan latihan untuk kesehatan otak, seperti mengisi teka-teki silang, berkebun di taman, mempelajari alat musik baru atau bahasa asing baru.

First Aid untuk Kesehatan Mental Warga Skotlandia | Breaktime
Untuk kesehatan mental, jangan abaikan kesehatna tubuh

Selain menghargai diri sendiri, untuk mendapatkan kesehatan mental, Anda juga wajib merawat tubuh, lho, B’timers. Pastikan untuk menghindari rokok, meminum banyak air mineral, melakukan latihan fisik ringan yang dapat membantu menurunkan depresi, kecemasan dan memperbaiki suasana hati. Selain itu, usahakan untuk memperbaiki jadwal tidur. Hal tersebut karena tidur telah terbukti dapat membantu mengurangi tingkat tekanan pikiran, B’timers. Namun jangan sampai tidur berlebihan!

Kelilingilah diri Anda dengan sekumpulan orang-orang yang baik. Berdasarkan penelitian, terbukti bahwa seseorang yang memiliki keluarga yang bahagia serta terlibat di dalam hubungan sosial, jauh lebih sehat daripada mereka yang enggan meluangkan waktu untuk berkumpul dengan orang-orang yang baik. Nah, untuk mendapatkan tambahan sentuhan positif dari orang lain , Anda bisa melibatkan diri di dalam kelas baru. So, selain dapat belajar hal baru, Anda juga dapat bertemu dengan teman baru.

Dan Anda sukai ataupun tidak, sebenarnya stres adalah salah satu bagian yang erat di dalam kehidupan, B’timers. Nah, untuk menghindari tekanan negatif yang menghalangi, sesuatu yang dapat Anda lakukan adalah dengan berusaha mengatasi stres tersebut. Ada strategi mengatasi stres hanya 1 menit. Misalnya melakukan tai chi, latihan fisik ringan, berjalan-jalan di alam, bermain dengan hewan peliahraan, bahkan dengan mencoba menulis jurnal. Semuanya dapat meredam stres yang Anda rasakan.

First Aid untuk Kesehatan Mental Warga Skotlandia | Breaktime
Kelilingi diri Anda dengan orang-orang positif

Menenangkan pikiran pun terbukti dapat membantu menjaga kesehatan mental Anda, lho. Bermeditasi, berlatih diri dengan teknik relaksasi dapat meningkatkan kesehatna pikiran dan memperbaiki cara Anda memandang sesuatu dalam hidup, B’timers. Seperti yang telah ditunjukkan di dalam sebuah penelitian, bahwa hanya dengan meditasi, dapat membantu seseorang untuk merasakan ketenangan di dalam otak serta batin. So, coba luangkanlah waktu untuk berlatih teknik relaksasi sederbana.

Untuk dapat mendapatkan kesehatan mental yang baik, hal lain yang selama ini tidak pernah terpikirkan dilakukan adalah dengan berusaha menetapkan tujuan yang lebih realistis. Putuskan apa yang ingin kita capai dalam bidang akademis. Sebaiknya tuliskan langkah apa saja yang perlu Anda lakukan untuk dapat mewujudkan hal tersebut. Cari mimpi setinggi mungkin, namun tetap realistis. Dan disarankan agar tak mengubah impian Anda. Berusahalah untuk menggapai cita-cita tersebut, B’timers.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk mengapatkan kesehatan mental yang diidamkan oleh banyak orang di dunia ini, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE