Rahasia penyebab anak obesitas yaitu film kartun | Breaktime
Film Kartun yang Menghibur Ternyata Bisa Bikin Anak Obesitas
29.07.2015

Selain bermain, menonton film kartun adalah ‘surga’ bagi anak-anak. Selain mengasyikkan, film kartun juga dirasa memiliki sisi hiburan yang dapat memancing imajinasi anak untuk dapat bebas berkreasi.

Namun dari sisi positif tersebut, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Colorado membuktikan bahwa film kartun ternyata memiliki kaitan erat dengan kegemukan atau obesitas.

Dalam penelitian tersebut, profesor Margareth C. Cambell mengungkapkan bahwa bentuk tubuh dan pengandaian berat badan dari tokoh atau karakter dalam film kartun bisa mempengaruhi pola pikir anak.

Menurut penelitian, anak-anak akan langsung meniru apa yang mereka lihat
Menurut penelitian, anak-anak akan langsung meniru apa yang mereka lihat

Penelitian yang melibatkan 300 anak berusia 6-14 tahun ini mendapati bahwa semakin sering anak-anak melihat karakter bertubuh gemuk dalam film kartun, seperti Homer Simpson, Garfield, Ursula, dan Finldstone, maka secara tidak sadar mereka akan menganggap obesitas adalah hal wajar. Mereka pun tak segan mengonsumsi makanan rendah nutrisi namun berkalori tinggi, seperti kue atau permen.

Bahkan, para anak-anak dan remaja tersebut memiliki kecenderungan memilih makanan sesuai dengan film kartun yang mereka tonton.  “Kami meyakini bahwa paparan karakter bertubuh besar akan mendorong mereka (anak-anak dan remaja) untuk memilih makanan yang tidak begitu bernutrisi,” jelas Cambell.

Oleh karena itu, Cambell berharap agar para produsen makanan dan pelaku industri film bisa mempertimbangkan masak-masak produk dan film yang akan diperkenalkan ke publik, karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan anak-anak. Pihak-pihak ini diharapkan untuk lebih memperhatikan penggunaan ikon atau maskot, serta bentuk karakter yang digunakan dalam iklan maupun film mereka.

Hal yang tak kalah pentingnya, diperlukan peran orang tua untuk selalu mendampingi anak saat menonton film kartun. Berikan penjelasan yang mengedukasi sehingga buah hati bisa menikmati asyiknya film kartun tanpa terpengaruh dampak negatifnya.

Share This Article