Fast Food Junkie, Waspadai Bahaya Kesehatan yang Menanti! | Breaktime
Fast Food Junkie, Waspadai Bahaya Kesehatan yang Menanti!
08.05.2015

We live in the fast food nation. Tak bisa disangkal kita sudah hidup berdampingan dengan fast food selama ini. Apalagi di zaman serba cepat sekarang ini, rasanya fast food sudah ikut melebur jadi bagian “budaya” manusia modern. Rasa dijamin enak, tempat yang nyaman dan kebersihan terjaga jelas membuat B’timers tak khawatir saat tak sempat makan, cukup beli fast food saja, bukan?

Namun, di balik nikmatnya makanan cepat saji ini, ada bahaya kesehatan mengintai dan Anda mungkin tak menyadarinya. Fast food cenderung tinggi kandungan lemak, sodium, dan gula yang bisa menyebabkan obesitas dan serentet penyakit lainnya seperti diabetes, penyakit jantung, dan arthritis. Lalu apa saja gejala yang dialami tubuh akibat terlalu sering makan fast food? Ini dia:

Mudah merasa lelah

Fast food tak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Tak ada asupan protein dan karbohidrat yang cukup dalam fast food. Karenanya, kadar gula darah Anda akan menurun drastis sehingga Anda jadi mudah lelah, merasa uring-uringan dan selalu ingin mengkonsumsi makanan manis.

Mengkonsumsi fast food berlebihan membuat tubuh mudah merasa lelah
Mengkonsumsi fast food berlebihan membuat tubuh mudah merasa lelah

Mengalami obesitas

Karena banyaknya lemak yang terdapat pada fast food, lemak ini akan terakumulasi dalam tubuh Anda dan lama-kelamaan memicu obesitas. Semakin berat badan Anda bertambah, semakin tinggi resiko tubuh terserang penyakit kronis yang serius seperti diabetes dan penyakit jantung.

Kerusakan organ hati dan jantung

Kandungan lemak dan sodium pada fast food bisa meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah, ini bisa berujung pada penyakit jantung. Sementara tingginya asam lemak pada fast food, dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan pada organ hati.

Terkena diabetes

Lama-kelamaan, gula dan karbohidrat dalam fast food bisa memicu diabetes tipe 2. Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak konsumsi gula dan karbohidrat dapat menekan sistem metabolisme sehingga tubuh harus menghasilkan banyak insulin untuk menjaga kadar gula darah.

Mengkonsumsi fast food memang tidak dilarang, namun jangan terlalu sering, ya. Akan semakin baik jika B’timers memperbanyak konsumsi sayur dan buah agar asupan nutrisi tubuh seimbang dan kesehatan tetap terjaga.

Share This Article