Fantastis! Inilah Cara Mencegah Gigi Berlubang | Breaktime
Fantastis! Inilah Cara Mencegah Gigi Berlubang
23.12.2016

B’Timers, Anda tentu paling tidak pernah mengalami perasaan cenat-cenut di bagian sisi pipi, bahkan tidak jarang Anda harus libur dari kantor dan membayar dokter gigi untuk mencabut gigi Anda. Sakit gigi, yang konon hanya bisa ditandingi oleh rasa sakit akibat ditinggal oleh pacar ini memang sangat merepotkan. Rasa ngilu dan sakit kepala yang amat sangat sering membuat Anda tidak dapat beraktivitas dengan maksimal. Mencegah lebih baik daripada mengobati, dan hal tersebut berlaku pada sakit gigi yang disebabkan oleh gigi berlubang. Lalu, bagaimanakah cara-cara terbaik untuk mencegah gigi berlubang?

Baca juga : CARA ALAMI MENGHILANGKAN KARANG GIGI

Eits, sebelum Anda melompat pada solusi mencegah gigi berlubang, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah hal-hal yang menyebabkan gigi menjadi berlubang yang pada akhirnya berujung pada sakit gigi. Gigi berlubang terjadi karena pengeroposan gigi yang disebabkan oleh bakteri-bakteri. Secara alamiah, manusia memiliki sejumlah bakteri yang tinggal di dalam mulut dan bakteri-bakteri tersebut tentu memiliki tujuan yang tak lain dan bukan adalah untuk membantu mencerna makanan sebelum diproses oleh organ pencernaan dalam. 

Fantastis! Inilah Cara Mencegah Gigi Berlubang | Breaktime
Lindungi senyum cemerlang Anda!

Dari poin ini, tentu bakteri-bakteri tersebut justru bersifat menguntungkan bagi manusia. Akan tetapi hal tersebut dapat berbalik drastis ketika terdapat sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Bakteri-bakteri tersebut akan membusukkan sisa-sisa makanan tersebut dan apabila Anda tidak menggosok gigi secara teratur, sisa makanan yang membusuk tersebut akan semakin menumpuk sehingga menimbulkan lapisan tipis pada permukaan gigi yang kerap disebut dengan plak. Akumulasi bertahap dari plak tersebut secara berangsur-angsur akan melarutkan lapisan mineral yang merupakan pelindung pada permukaan gigi sehingga mengakibatkan gigi keropos.

Lubang gigi akibat plak tersebut awalnya sangatlah kecil sehingga Anda pun tidak akan menyadari bahwa gigi Anda berlobang. Sakit ngilu baru akan muncul ketika lubang menjadi cukup besar sehingga memberikan akses bebas bagi para bakteri tersebut untuk masuk dan menyerang sistem syaraf gigi. Sisa-sisa makanan dan gula pun turut masuk dan semakin memperparah rasa sakit. Dalam kasus ekstrim, Anda bahkan dapat menderita kebutaan apabila Anda tidak segera memeriksakan gigi Anda yang sakit ke dokter.

Wah, menyeramkan sekali ya? Itulah mengapa Anda sangat dianjurkan untuk menyikat gigi dengan teratur. Karena dengan menyikat gigi secara baik dan benar akan mencegah penumpukan sisa-sisa makanan sehingga secara otomatis plak yang mengakibatkan gigi berlubang tidak akan terbentuk. Dan ternyata, selain menyikat gigi Anda juga dapat melakukan metode pencegahan dengan cara lain. Seperti menghindari, atau paling tidak mengurangi konsumsi makanan-makanan manis, minuman bersoda, dan minuman atau makanan yang memiliki kandungan asam yang tinggi. Gula dalam makanan dan minuman manis sangat mudah untuk menempel di gigi dan cukup susah untuk dihilangkan, sedangkan minuman bersoda selain memiliki kandungan gula yang tinggi juga dapat mengakibatkan hilangnya lapisan enamel (lapisan pelindung gigi), begitu juga dengan makanan dan minuman yang memiliki kandungan asam yang tinggi.

Baca juga : LEZAT! INI MANFAAT SEAFOOD BAGI TULANG DAN GIGI!

Selain itu, Anda juga perlu memperbanyak konsumsi makanan-makanan berkalsium dan berserat tinggi untuk membantu memecah plak-plak yang terbentuk sekaligus untuk meningkatkan produksi air liur yang berfungsi sebagai cairan pelindung gigi. Anda juga dapat menstimulasi produksi air liur dengan cara yang lebih menyenangkan yaitu dengan mengunyah permen karet tanpa gula lho, B’Timers! Selain itu teh hitam dan teh hijau adalah jenis teh yang dapat membantu dalam menekan pertumbuhan bakteri dalam mulut serta membantu pencegahan pembentukan plak.

Mencegah gigi berlubang ternyata tidaklah sulit! Yuk, mulai lebih rajin merawat kesehatan gigi agar gigi Anda dapat tetap awet bahkan ketika Anda mulai memasuki masa tua! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE