Fakta-Fakta Unik Keringat yang Bikin Anda Kaget | Breaktime
Fakta-Fakta Unik Keringat yang Bikin Anda Kaget
07.09.2015

Keringat  umumnya menjadi hal “paling tabu” untuk terlihat pada penampilan. Pasalnya, sedikit saja berkeringat, tampilan tubuh yang fresh pun akan berkurang. Namun, meski tak begitu disukai banyak orang, ternyata keringat punya fakta-fakta unik yang bisa bikin B’timers tercengang. Apa itu? Yuk, intip bersama!

Wanita punya kelenjar keringat lebih banyak

Yap, siapa sangka jika kaum Hawa ternyata memiliki kelenjar keringat lebih banyak? Uniknya, kelenjar keringat kaum Adam ternyata lebih aktif untuk menghasilkan keringat. Itulah mengapa ketika berolahraga dalam durasi waktu dan jenis olahraga yang sama, tubuh pria terlihat lebih mudah “mengkilap” dengan keringat.

Keringat vegetarian beraroma wangi

Sebuah studi yang dilakukan oleh Jan Havlicek dan Pavlina Lenochova dari Charles University tahun 2006 mengungkap bahwa wanita vegetarian memiliki aroma keringat yang lebih wangi dan tidak mengganggu dibandingkan mereka yang rutin mengonsumsi daging.

Keringat berbau tajam pada ketiak disebabkan stres
Keringat berbau tajam pada ketiak disebabkan stres

Keringat stres aromanya paling mengganggu

Tidak semua keringat selalu menimbulkan aroma tak sedap, lho. Hanya keringat akibat stres yang diproduksi oleh kelenjar apocrine yang baunya paling mengganggu. Sebab, kelenjar tersebut terletak pada area tubuh yang banyak ditumbuhi rambut seperti ketiak dan pangkal paha.

Selain itu, komposisi keringat stres terdiri dari protein dan asam lemak yang menimbulkan aroma tajam. Sebaliknya, keringat biasa hanya terdiri dari air, garam, dan potasium yang memiliki sifat mudah menguap setelah mendinginkan tubuh.

Kadar keasinan keringat seseorang berbeda

Ternyata, sebagian orang juga memiliki kadar keasinan berbeda. Orang dengan kadar keringat asin tinggi akan merasa pedih pada area mata jika terkena keringat. Selain itu, bila Anda meraba ada buliran kasar atau garis putih pada pakaian yang dikenakan, hal tersebut juga menandakan kadar keasinan tinggi pada keringat tubuh.

Makanan pedas bikin tubuh keringatan

Ketika Anda menyantap makanan pedas yang kaya akan capsaicin, sistem metabolisme tubuh dan suhu tubuh secara alami juga akan meningkat. Oleh karena itu, produksi keringat akan diaktifkan untuk mendinginkan tubuh.

Telapak kaki paling mudah berkeringat

Bagian tubuh yang paling aktif berkeringat adalah bagian kaki, sedangkan bagian tubuh yang paling minim dari keringat adalah punggung. Hal ini terjadi karena jumlah kelenjar keringat di bawah kaki paling banyak dibandingkan area tubuh lainnya.

Wah, ternyata si keringat ini punya sisi misterius yang cukup menarik dan bikin kaget ya, B’timers. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih secara seimbang agar tubuh tak mengalami dehidrasi ketika aktif berkeringat.

Share This Article