Fakta Atau Mitos, Udara Pantai Sembuhkan Asma? | Breaktime
Fakta Atau Mitos, Udara Pantai Sembuhkan Asma?
26.08.2017

Ketika memutuskan untuk berlibur ke pantai, Anda pasti pernah merasa sangat fresh dan lebih bersemangat dari sebelumnya. Pantai dan laut sudah lama dijadikan sebagai destinasi yang akan memberikan rasa nyaman dan menyegarkan. Bahkan sebagian besar orang percaya bahwa udara laut memiliki manfaat besar untuk sistem dan saluran pernapasan. Tapi, apakah hal tersebut memang benar?

Sebelum membahas tentang manfaat udara pantai terhadap pernapasan, baiknya kita kenali dulu penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, yaitu asma. Yap, asma merupakan penyakit yang sama kronisnya dengan kolesterol jahat. Bahkan, belum ditemukan obat untuk asma. Yang ada hanya usaha masyarakat untuk mencegah gejala asma pada diri mereka. Sebenarnya apa sih yang terjadi ketika asma menyerang kita?

Fakta Atau Mitos, Udara Pantai Sembuhkan Asma?

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa asma adalah gangguan saluran pernapasan. Otot-otot di sekitar saluran pernapasan akan menegang dan menyempit secara tiba-tiba. Hal ini biasanya diikuti dengan pembengkakan dan peradangan di area dinding saluran pernapasan. Dinding pernapasan akan memproduksi lendir secara berlebihan sehingga oksigen semakin terhalang untuk masuk ke paru-paru. Proses itulah yang membuat penderita asma akan mengalami batuk-batuk, sulit bernapas, sesak, dan nyeri dada.

Untuk menghindari terserang asma, B’timers bisa melakukan terapi. Salah satunya adalah dengan menghirup udara pantai. Nah, sebenarnya apa pengaruh udara pantai dengan penderita asma?

Kadar oksigen yang tinggi, benarkah?

Secara fisik saja, pantai terletak di dataran rendah yang notabene memiliki lebih banyak oksigen. Tidak seperti pegunungan yang semakin tinggi oksigennya akan semakin menipis. Hal ini terjadi karena gravitasi bumi menahan oksigen di permukaan. Tak heran jika banyak orang yang merasa pusing, sesak napas, atau bahkan pingsan saat berada di dataran tinggi. Nah, saat berada di pantai, seseorang bisa bernapas lebih lega dan bebas.

Menghirup udara pantai yang bersih baik untuk penderita asma
Fakta Atau Mitos, Udara Pantai Sembuhkan Asma? | Breaktime
Fakta Atau Mitos, Udara Pantai Sembuhkan Asma?

Udaranya juga bersih

Angin yang bertiup ke pantai ternyata bisa mengusir alergen dan para penyebab iritasi. Setidaknya itu yang dikatakan oleh pakar alergi dari University of Cincinnati College of Medicine, Jonathan A. Bernstein. Serbuk sari yang dibawa angin menuju pantai atau laut juga sangat sedikit. Selain itu, sirkulasi udara pantai dan laut juga lebih lancar dibandingkan dengan kota-kota besar atau daerah perbukitan.

Lakukan terapi alami pernapasan di laut, kok bisa?

Rahasia lain dari udara pantai adalah terasa asin. Yap, ini karena udaranya mengandung tetesan-tetesan air laut. Nah, kandungan air laut itu sendiri sangat menyehatkan tubuh karena kaya akan garam, iodin, dan magnesium. Tiga kandungan tersebut berfungsi sebagai aerosol yang bisa merangsang reaksi imun pada organ pernapasan. Menghirup udara laut secara rutin pun bisa melemaskan otot pernapasan dan mengurangi lendir penghalang pernapasan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bisakah Makanan Menjadi Penyebab Penyakit Asma?

Meski demikian, terapi udara pantai itupun tidak 100% benar. Udara yang berhembus di pantai mengandung banyak uap air dari laut. Kelembabannya tidak hanya baik bagi penderita asma, tetapi juga kesehatan pernapasan masyarakat umum. Syarat utama adalah pantai yang bersih, misalnya seperti di Pangandaran. Kalau di ibukota, kelembabannya baik tetapi polusi kapal dan kendaraan juga maksimal.

Tetapi, sebelum mengobati lebih baik memang mencegah. Agar Anda tidak terserang gejala asma, sebaiknya hindari lingkungan dengan udara kering, seperti misalnya ruangan ber-AC. Ini sangat tidak ideal bagi penderita asma. Well, itulah jawaban dari kebenaran udara pantai bagi penderita asma. Jangan lupa ya, mencegah lebih baik daripada mengobati. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE