Akupuntur Bisa Bantu Atasi Stres dan Depresi! | Breaktime
Fakta, Akupuntur Bisa Bantu Atasi Stres dan Depresi!
11.05.2016

Kabar baik untuk B’timers yang merupakan penggemar akupuntur. Asumsi bahwa akupuntur dapat mengatasi stres ternyata memang benar adanya. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal Of Endocrinology menemukan alasan logis dan ilmiah kenapa akupuntur sangat baik untuk menghilangkan stres.

Studi terbaru tersebut mengeksplorasi mekanisme biologi yang terlibat dalam kemampuan akupuntur dalam menghilangkan stres. Para peneliti menggunakan tikus sebagai obyek uji cobanya. Hasilnya, mereka menemukan bahwa hormon stres yang lebih rendah pada tikus dapat menerima akupunktur elektronik dengan baik.

Akupuntur Bisa Bantu Atasi Stres dan Depresi! | Breaktime
Akupuntur memiliki peran penting mencegah depresi

Bagaimana akupuntur mengurangi stres?

Dalam penelitian ini, pemimpin pelitian Dr. Ladan Eshkevari dan rekan-rekannya merancang serangkaian tes dengan akupunktur elektronik untuk memastikan bahwa setiap tikus menerima tingkat stres yang sama. Mereka menargetkan tempat di bawah lutut, atau yang disebut titik Zusanli titik. Area yang dimiliki tikus tersebut diyakini sama dengan milik manusia. Jika dirangsang dengan treatment tertentu, titik tersebut dapat mengurangi stres dan kondisi lainnya.

Penelitian yang memakan waktu 10 hari tersebut menempatkan tikus-tikus menjadi 4 kelompok. Kelompok 1 adalah tikus yang tidak stres dan tidak diberi akupuntur. Kelompok dua merupakan tikus yang dibuat stres 1 jam setiap hari dan tidak menerima akupuntur. Selanjutnya, kelompok 3 adalah tikus yang dibuat stres dengan menerima akupuntur di bagian ekor. Terakhir, kelompok 4 adalah tikus yang dibuat stres dan menerima akupuntur di titik Zusanli.

Akupuntur Bisa Bantu Atasi Stres dan Depresi! | Breaktime
Inilah titik Zusanli di bawah lutut manusia

Hasilnya, mereka meringkas hasil temuan dalam sebuah pernyataan bahwa akupuntur elektronik dapat membantu menghadang stres kronis. Hormon penyebab stres yang berkaitan dengan sumbu-sumbu tertentu berkurang cukup signifikan.

Manfaat besar akupuntur yang tak dikenal

Eshkevari mengatakan bahwa manfaat tersembunyi akupuntur dapat mengatasi stres ini kurang dipercaya karena kurangnya bukti biologis yang berkaitan. Namun, dengan adanya penelitian tersebut diharapkan orang-orang tidak lagi underestimate terhadap pengobatan tradisional kuno.

"Banyak praktisi akupunktur telah mengamati bahwa praktek kuno ini dapat mengurangi stres pada pasien mereka. Tapi kurangnya bukti biologis tentang bagaimana atau mengapa hal ini terjadi, membuat banyak orang tidak tahu tentang manfaat luar biasa akupuntur. Kami mulai memahami apa yang terjadi pada tingkat molekuler yang membantu menjelaskan manfaat akupunktur,” jelas profesor keperawatan di Georgetown University School of Nursing and Health Studies tersebut.

Jadi, ketika Anda stres, Anda bisa datang ke praktisi akupuntur dan meminta perawatan khusus di bagian Zusanli, B’timers. Dengan demikian, manfaat akupuntur dapat mengatasi stres akan terelasisasi. Selamat mencoba, ya! (nap)

Share This Article