Es Krim Dapat Sebabkan Batuk? Masa Sih? | Breaktime
Es Krim Dapat Sebabkan Batuk? Masa Sih?
27.12.2016

Es krim, siapa sih yang tidak suka dengan kudapan dingin nan lembut yang satu ini? Apalagi bila disantap kala cuaca sedang terik bersama keluarga, kerabat, sahabat, maupun yang tercinta. Wah, tentu amat nikmat ya, B’timers! Well, varian es krim kini juga semakin berkembang, lho. Tak hanya es krim konvensional saja yang kini tengah digemari oleh berbagai kalangan. Faktanya, semakin banyak varian baru es krim yang inovatif nan super yummy seperti ice cream sandwich, gelato, es krim goreng, hingga es krim roll.

Akan tetapi B’timers, memasuki akhir tahun menandakan bahwa Indonesia tengah berada di bawah kepungan musim hujan. Kalau sudah begini, para penggemar es krim pun jadi cenderung menurun jumlahnya. Alasannya, mereka takut apabila mengonsumsi es krim dapat menjadi pemicu utama datangnya sederet penyakit seperti flu dan batuk pilek. Namun begitu, sebagian juga berpendapat bahwa alasan tersebut hanyalah mitos yang sudah terlanjur beredar di tengah-tengah masyarakat. Waduh, lalu pernyataan mana nih yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya? Benarkah pernyataan kalau pada dasarnya mengonsumsi es krim sebabkan batuk pada para penikmatnya?

B’timers, perlu diketahui bahwa es krim tidak memiliki hubungan apapun dengan penyakit batuk maupun flu atau pilek yang Anda derita. Pasalnya, ketika telah masuk ke dalam mulut, es krim yang Anda makan tidak lagi bertahan dalam suhu dingin. Justru, es krim tersebut langsung meleleh sekaligus langsung menyesuaikan temperatur dengan suhu tubuh Anda sebelum ditelan. Alhasil, saat sudah meluncur ke kerongkongan, es krim yang Anda konsumsi sudah berubah menjadi cairan air biasa.

Es Krim Dapat Sebabkan Batuk? Masa Sih? | Breaktime
siapa sih yang bisa menolak kelezatannya?

Kalaupun Anda terjangkit penyakit tak lama setelah mengonsumsi es krim, barangkali itu disebabkan oleh proses pembuatan atau wadah penyimpanan es krim yang tdak higienis. Selain itu, faktor lainnya seperti adanya kandungan bahan pengawet dan pemanis buatan yang pada es krim juga bisa jadi pemicu utama penyebab serangan penyakit ke dalam tubuh Anda.

Nah, dengan begini, maka tidak sepatutnya Anda mengambing-hitamkan es krim sebagai penyebab flu dan batuk-pilek Anda ya, B’timers! Sebaliknya, perlu diingat bahwa es krim justru dapat menjadi alternatif sumber gizi yang baik bagi Anda, lho.  

Logikanya, es krim terdiri dari bahan utama susu yang menyimpan segudang manfaat dan khasiat. Dalam susu, terkandung zat laktoferin yang akan berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh, utamanya terhadap bakteri patogen yang merugikan. Laktoferin ini juga berfungsi sebagai anti-virus yang menangkal berbagai macam penyakit ganas seperti HIV dan influenza. Wah, fantastis juga ya?

Tak hanya itu, susu juga sudah terkenal sebagai bahan makanan yang mengandung zat kalsium tinggi. Hasilnya, kepadatan tulang dan gigi Anda justru akan menjadi terproteksi. Terlebih lagi, kalsium juga akan menjauhkan Anda dari resiko penyakit osteoporosis hingga hipertensi.

Anda juga bisa lho mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi dari buah-buahan yang terkandung dalam es krim. Selama buah-buahan yang dicampurkan pada es krim benar-benar asli, maka tak ada salahnya Anda menjadikan es krim sebagai alternatif baru Anda dalam menikmati buah-buahan.

B’timers, akhirnya terjawab juga ya mitos es krim dapat sebabkan batuk  yang telah dipercaya dari generasi ke generasi. Kenyataannya, es krim bukanlah momok yang harus dijauhi karena Ia bukanlah penyebab utama dari penyakit flu maupun batuk-pilek Anda. So, jangan lagi Anda ragu dalam mengonsumsi makanan penutup lezat yang bikin ketagihan ini! (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE