Efek Tak Terduga Dari Mendengarkan Musik Ketika Operasi | Breaktime
Efek Tak Terduga Dari Mendengarkan Musik Ketika Operasi
30.08.2015

Jangan tinggalkan music player Anda ketika berangkat ke Rumah Sakit untu operasi. Mengapa? Sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa mendengarkan musik selama prosedur pembedahan dapat mengurangi rasa sakit.

Sebelumnya, pada tahun 1914 sebuah penelitian bahwa mendengarkan musik ketika operasi dapat memberikan manfaat bagi pasien. Penelitian terbaru dilakukan oleh para peneliti dari Queen Mary University, Barts Health NHS Trust and Brunel Uiversity di London. Dr Catherine Meeds, penulis utama dalam penelitian ini mengatakan bahwa mendengarkan ‘Dark Side’ milik Pink Floyd dapat membantu meringankan rasa sakit tiga jam setelah operasi.

Studi yang dipublikasikan kedalam jurnal medis The Lancet ini ditindaklanjuti oleh Royal London Hospital yang sedang melakukan percobaan terhadap 40 perempuan yang akan melakukan operasi caesar maupun prosedur ginekologi lainnya. Mereka diberi kebebasan untuk memilih playlist yang terhubung ke bantal dengan speaker built-in.

Hasil penelitian

Pada penelitian tersebut, dilihat efek musik pada 7000 pasien dewasa yang menjalani prosedur bedah baik dengan atau tanpa anestesi. Efek musik tersebut di perhatikan sebelum, selama dan setelah operasi dengan acuan nyeri paska operasi, kebutuhan terhadap obat penghilang rasa sakit (analgesic), kegelisahan, tingkat infeksi, dan penyembuhan luka.

Selain itu mereka juga melakukan analisis sub-kelompok terhadap waktu mendengarkan musik (sebelum, selama, atau setelah), jenis anestesi, dan jenis pilihan musik (klasik, instrumental, santai, atau musik pilihan pasien).

Mendengarkan musik dapat meredakan nyeri
Mendengarkan musik dapat meredakan nyeri

Secara keseluruhan, hasil akhir dari penelitian ini menyimpulkan bahwa musik dapat mengurangi nyeri pasca operasi pada orang dewasa. Analisis sub-kelompok menemukan bahwa faktor lain seperti waktu mendengarkan musik, jenis anestesi, dan jenis pilihan musik juga memiliki pengaruh yang signifikan pada efek musik sebagai pereda nyeri.

Kesimpulannya, musik ketika operasi dapat mengurangi rasa sakit paska operasi, kecemasan, dan penggunaan obat penghilang rasa sakit pada orang dewasa.

Nah, penelitian ini dapat Anda jadikan acuan ketika akan menjalani prosedur operasi atau pembedahan. Anda bisa mendengarkan musik favorit agar lebih santai ketika menjalani operasi, efeknya pun sangat baik bagi tubuh, yaitu meredakan rasa sakit pasca operasi.

Jadi, apa musik favorit B’timers?

Share This Article