Efek Radiasi Ada di Mana Saja? Ini Pemicunya | Breaktime
Efek Radiasi Ada di Mana Saja? Ini Pemicunya
29.01.2016

Kecanggihan teknologi memang harus diakui banyak memudahkan pekerjaan B’timers. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak teknologi yang memiliki efek radiasi mengerikan bagi tubuh? Efek radiasi ini tentu saja berbahaya bagi kesuburan, memicu kanker, dan gangguan kesehatan lainnya. Nah, sebenarnya efek radiasi ada di mana saja?

Ponsel

Sudah jadi rahasia umum bila ponsel memang bisa jadi salah satu sumber radiasi. Radiasi ponsel pada waktu yang lama akan memberikan efek buruk apalagi bila B’timers terbiasa meletakannya di dekat rahim. Bahkan, radiasi ponsel bisa menyebabkan keguguran pada usia janin 2 atau 3 bulan, lho.

Telepon jarak dekat

Tidak hanya meletakkan telepon di dekat tubuh saja yang bisa memicu efek radiasi di mana-mana, bertelepon jarak dekat juga harus dihindari. DECT (digital enhanced cordless telecomunications) alias sistem telepon jarak dekat tanpa kabel biasanya dijadikan alat alternatif meminimalisir efek radiasi.

Padahal, menurut Dr. Magda Havas, Ph.D dari Trent University, Kanada, dalam jarak 2,8 meter alat ini bisa mempengaruhi fungsi motorik, daya ingat, motor, dan fokus anak. Sementara itu, pada jarak 1,7 meter alat peminimalisir radiasi ini mampu menimbulkan radiasi elektromagnetik yang mengganggu tidur.

Efek Radiasi Ada di Mana Saja? Ini Pemicunya | Breaktime
Kurangi durasi Wi-Fi agar tak terkena radiasi

Wi-Fi

Siapa yang tidak senang menghabiskan waktunya mengakses berbagai situs ataupun mengunduh beberapa file dengan fasilitas Wi-Fi? Sayangnya, Wi-fi yang bisa digunakan untuk komputer, laptop, tablet atau smartphone untuk berselancar di internet dengan frekuensi tinggi. Keadaan inilah yang bisa memicu munculnya efek radiasi, ada di mana saja.

MRI

Tak hanya perangkat gadget yang dekat dengan B’timers saja yang bisa menyebabkan radiasi, fasilitas rumah sakit seperti MRI pun punya dampak yang sama. Ya, peralatan medis ini menggunakan medan magnet status kuat yang bisa bikin seseorang merasa mual dan vertigo. Semua ini karena gangguan radiasi yang mempengaruhi efek sensorik.

Dengan mengenali efek radiasi ada di mana saja, B’timers bisa menghindari risikonya pada kesehatan secara umum. Nah, jaga kesehatan Anda dengan mengurangi interaksi dengan benda-benda tersebut, ya! (vsc)

Share This Article