Efek Buruk Rambut Sering Terkena Panas Hairdryer | Breaktime
Efek Buruk Rambut Sering Terkena Panas Hairdryer
25.09.2017

Siapa sih wanita yang tak pernah menggunakan hairdryer untuk membantu mengeringkan rambut? Selain praktis, hairdryer juga hampir selalu digunakan di salon kecantikan pada setiap pelanggan sebelum melakukan haircut atau riasan rambut. Pemakaian mesin pengering rambut juga jauh lebih cepat daripada membiarkan rambut kering secara alami. Sayangnya, B’timers, tindakan yang terkesan sepele ini rupanya menyimpan bahaya yang jauh lebih besar daripada manfaatnya yang hanya sementara.

Ladies yang terbiasa menggunakan hairdryer secara rutin setiap hari ternyata sama saja dengan melakukan upaya bunuh diri pada kesehatan rambut Anda karena efek buruk rambut sering terkena panas yang tak terduga dan seringkali diabaikan para wanita. Apa saja sih bahaya pemakaian mesin pengering rambut bagi kesehatan rambut dan kulit kepala?

Rambut kering dan terlihat kusam

Paparan hawa panas dari pengering rambut dapat membuat rambut menjadi kering, kasar, dan tidak subur. Selain terhadap kondisi fisik rambut, udara panas pada mesin pengering rambut ternyata juga dapat memudarkan warna asli rambut sehingga rambut akan kehilangan pesona kecantikan dan efek bercahaya secara alami. Apapun warna rambut Anda, udara panas yang keluar dari mesin pengering rambut akan menyebabkan rambut Anda terlihat kusam.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sembuhkan Depresi dan Anxiety Dengan Art Therapy

Merusak kutikula rambut

Selain merusak setiap helai rambut, hawa panas dari pengering rambut juga dapat merusak kutikula rambut. Meski kerusakan ini hanya bersifat sementara, paparan udara panas pada mesin pengering rambut secara terus-menerus akan menimbulkan kerusakan permanen pada kutikula rambut Anda. Setelah kutikula rambut Anda mengalami kerusakan, efek buruk rambut sering terkena panas yang lainnya ialah rambut Anda akan mudah terserang berbagai jenis kerusakan, seperti timbulnya ketombe. 

Efek Buruk Rambut Sering Terkena Panas Hairdryer | Breaktime
Meski praktis, hairdryer ternyata tak baik apabila digunakan terlalu sering

Rambut bercabang

Rambut bercabang juga akan muncul jika tekstur rambut terpapar udara panas dari mesin pengering rambut secara terus-menerus. Rambut cantik alami Anda yang semula lurus dan lembut akan berubah menjadi kusut, kusam, dan kasar. Tak hanya itu, ujung rambut Anda akan bercabang dan terbelah menjadi dua bagian atau lebih.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Agar Rambut Tidak Mengembang, Lakukan Ini!

Rambut rontok

Mesin pengering rambut dapat memberikan paparan hawa panas secara terus-menerus yang dapat mengakibatkan terbukanya pori-pori kulit di permukaan kepala. apabila tidak ada upaya pencegahan dan terus-menerus menggunakan hairdryer secara berlebihan, hal tersebut akan berujung pada gejala kerontokan rambut. Penipisan volume rambut juga dapat timbul karena akar rambut Anda yang mudah patah akibat kesehatan kulit kepala yang memburuk. Ekstremnya lagi, Anda juga akan mengalami kebotakan apabila tidak ada upaya penanganan yang dilakukan untuk mengembalikan kesehatan rambut dan kulit kepala Anda akibat paparan panas hairdryer secara berlebihan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Agar Rambut Tidak Kering

Pemakaian hairdryer dalam frekuensi yang tidak terlalu sering sebenarnya diperbolehkan saja, misalnya apabila Anda perlu mengeringkan rambut segera dan tidak sempat untuk mengeringkannya secara alami. Misalnya, bagi B’timers yang mengenakan jilbab dan perlu segera mengeringkan rambut sebelum beraktivitas. Pemakaian hairdryer yang disertai dengan membaca user manual juga dapat membantu meminimalisir efek buruk rambut sering terkena panas.

Sebagai contoh, terdapat pengaturan suhu yang bisa Anda perhatikan untuk memastikan bahwa Anda tidak memilih suhu yang paling panas saat mengeringkan rambut sehingga efek paparan panas juga tidak terlalu buruk. Demikian juga terdapat jenis rambut tertentu yang dapat dengan bebas menggunakan hairdryer, sama halnya dengan tipe rambut kering yang akan mudah rusak apabila semakin sering memakai hairdryer.

Semoga B’timers dapat menggunakan hairdryer dengan bijak tanpa memperparah kerusakan rambut Anda ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE