Duduk dengan Menyilangkan Kaki Ternyata Berbahaya, Lho! | Breaktime
Duduk dengan Menyilangkan Kaki Ternyata Berbahaya, Lho!
16.10.2015

Coba amati, bagaiamanakah kebiasaan duduk B’timers selama ini. Apakah Anda terbiasa duduk di kursi dengan menyilangkan satu kaki di atas kaki yang lain? Hati-hati ya, B’timers sebab hal ini ternyata bisa mengakibatkan tekanan darah meningkat, varises, kerusakan sel saraf.

Pinar R, Ataalkin S, dan Watson R dari Yeditepe University, Turki mengungkap bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan duduk menyilangkan kaki dengan kenaikan tekanan darah. Umumnya, kebiasaan ini mampu menaikkan tekanan darah sistolik dan diastolik kurang lebih 10 dan 8 mmHg. Penelitian dengan hasil yang sama juga dilakukan oleh Adiyaman A dan sejumlah rekannya dari Radboud University Nijmegen Medical Centre, Belanda.

Lalu, bagaiamana sih duduk menyilangkan kaki sampai bisa menaikkan tekanan darah? Ada dua kemungkinan untuk menjelaskan hal ini. Pertama, ketika Anda menumpukan satu lutut pada lutut yang lain, maka darah pada bagian kaki akan naik menuju dada dan jumlah darah yang dipompa menuju jantung akan meningkat.

Kondisi inilah yang menyebabkan peningkatakn tekanan darah. Kemungkinan kedua, tekanan darah naik karena isometrik otot kaki (tanpa diikuti gerakan yang mengubah persendian) meningkatkan resistensi darah yang mengalir melalui pembuluh darah. Inilah yang menjelaskan mengapa menyilangkan kaki pada bagian pergelangan kaki tidak mengakibatkan gangguan kesehatan serius.

Duduk dengan Menyilangkan Kaki Ternyata Berbahaya, Lho! | Breaktime
Duduk dengan menyilangkan kaki bisa menaikkan tekanan darah

Studi yang dilakukan oleh Adiyaman dari Nijmegen Medical Centre mengungkap penjelasan manakah yang paling mendekati. Tim penelitiannya menyebutkan bahwa resistensi pembuluh darah tidak akan mengalami peningkatan bila detak jantung rendah dan kaki disilangkan.

Namun, tekanan darah akan meningkat ketika momen darah keluar dari jantung bersamaan dengan saat Anda menyilangkan kaki dan mendorong darah pada bawah kaki naik menuju jantung, Jadi, naiknya tekanan darah akibat menyilangkan kaki terjadi secara sementara saja.

Meski begitu, bila sebelumnya B’timers memiliki riwayat medis mengidap penyakit tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari duduk dengan menyilangkan kaki. Sebab, aliran darah menuju jantung akan meningkat dan memperbesar risiko Deep-Vein Thrombosis (DVT), yakni pembengkakan yang mengakibatkan nyeri dada atau gangguan pernapasan dan harus segera dievakuasi.

Selain itu, duduk dengan menyilangkan kaki juga dapat memicu varises karena katup pembuluh darah mengalami penyempitan. Dengan begitu, darah akan berkumpul di satu titik dan mengakibatkan pelebaran pembuluh vena dan terjadilah varises vena.

Nah, mulai sekarang upayakan untuk tidak sering-sering menyilangkan kaki saat duduk, ya. Dengan begitu, tekanan darah B’timers akan lebih stabil dan terbebas dari masalah varises.

Share This Article