Deretan Bakteri Penyebab Penyakit Pada Manusia | Breaktime
Deretan Bakteri Penyebab Penyakit Pada Manusia
25.08.2017

Kesehatan memang menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, terlebih apabila Anda memiliki aktivitas kerja dan jarang sekali beristirahat. Berbicara mengenai kesehatan, tahukah Anda apa saja bakteri penyebab penyakit pada manusia? Bakteri bisa ditemukan dimana saja, dan mampu bertahan dilingkungan yang ekstrim. Karena itulah bakteri mampu menyerang pertahanan manusia dengan sangat mudah apabila kita sebagai pemilik tubuh tidak menjaganya dengan baik.

Tidak hanya menyebabkan penyakit, beberapa bakteri sebenarnya juga memiliki peranan yang baik bagi tubuh manusia. Ada beberapa bakteri dalam tubuh manusia yang memiliki peran penting, dan ada juga bakteri yang dimanfaatkan dalam bidang pangan, ada juga bakteri yang digunakan untuk pengobatan. Sebagian bakteri tersebut menguntungkan, namun sebagian yang lain bersifat patogen sehingga bisa memicu berbagai penyakit, dan kali ini kami akan membahas mengenai bakteri yang merugikan atau menyebabakan penyakit pada manusia.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bisakah Makanan Menjadi Penyebab Penyakit Asma?

Bakteri terutama mempengaruhi orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah seperti orang tua atau bayi. Malnutrisi atau kekurangan vitamin dan nutrisi juga dapat menyebabkan infeksi bakteri. Bakteri dapat dengan mudah menyebar karena praktik higienis yang tidak tepat serta menyentuh benda-benda yang tidak bersih. Terdapat ribuan bakteri, tetapi hanya sebagian kecil yang menyebabkan infeksi pada manusia. Berikut adalah beberapa yang paling umum.

Deretan Bakteri Penyebab Penyakit Pada Manusia | Breaktime
Ada banyak bakteri penyebab penyakit pada manusia dan Anda harus mewaspadainya.

Yang pertama adalah staphylococcus, bakteri jenis ini adalah bakteri yang tergolong tidak berbahaya dan sering sekali ditemukan dalam tubuh manusia. Namun, yang harus diwaspada adalah terdapat beberapa jenis spesies Staphylococcus yang menyebabkan infeksi seperti Staphylococcus aureus yang menyebabkan penyakit kulit serius. Biasanya bakteri jenis ini menyebar karena kontak fisik, jadi sangat sulit sekali untuk menghindarinya karena hampir setiap hari kita berkontak fisik dengan orang lain, bukan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penyebab Penyakit Hepatitis, dari Sikat Gigi?

Bakteri penyebab penyakit pada manusia selanjutnya adlah Streptococcus, bakteri jenis ini juga sangat umum ditemukan dalam tubuh manusia. Beberapa spesies bakteri ini menyebabkan berbagai penyakit seperti pneumonia, radang tenggorokan, meningitis, serta fasciitis necrotizing. Streptococcus adalah bakteri Gram-positif berbentuk bola. Mereka tumbuh dalam rantai atau berpasangan.

Bakteri selanjutnya adalah escherichia coli, bakteri jenis ini adalah bakteri yang menghuni sistem pencernaan dan biasanya menyebabakan diare beran atau keracunan makanan. Bakteri ini menghuni usus hewan berdarah panas seperti burung dan kucing. Secara umum memang tidak berbahaya, namun ketika terkena diare berkepanjangan dan dibiarkan tentu akan berbahaya.yang harus diwapadai selanjutnya adalah bakteri ini juga bisa menyebabkan saluran kemih yang tidak bisa Anda sepelekan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Abaikan Kulit Terbakar Setelah Berjemur

Selain beberapa bakteri di atas, salmonella juga menjadi bakteri yang menyebabkan penyakit pada tubuh manusia. Bakteri ini ditularkan melalui makanan, dan akan menyebabkan diare atau keracunan makanan. Secara umum bakteri ini sama dengan escherichia coli, hanya saja bakteri ini juga bisa menyebabkan tipus, demam paratifoif, dan berbagai penyakit lain yang ditularkan oleh makanan.

Itulah beberapa bakteri penyebab penyakit pada manusia, untuk menghindarinya lebih baik apabila Anda menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga secara rutin dan menjaga pola makan Anda.(dsa)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE