Ini lho Kenapa Rambut Ketiak Perlu Dibasmi! | Breaktime
Dear Gentlemen, Ini lho Alasan Kenapa Rambut Ketiak Perlu Dibasmi!
17.11.2015

Lazimkah bila seorang pria memiliki banyak rambut di area ketiak? Tentu saja. Namun, membiarkannya dalam waktu yang lama tanpa dicabut atau dicukur bisa jadi perilaku di luar kebiasaan. Pasalnya, 68% dari 4.044 pria menuturkan bahwa mereka mencukur ketiaknya dengan berbagai alasan.

Yap, setidaknya 52% di antara mereka mengaku mencukur ketiak dengan alasan penampilan dan 16% lainnya karena alasan atletis. Well, bagaimana dengan 32% sisanya? Bisa jadi memang mereka memilih untuk tidak mencukur rambut ketiaknya.

Daniel Lieberman, Ph.Db, seorang profesor di bidang evolusi biologi manusia di Harvard University juga mengaku bingung dengan alasan pria yang membiarkan rambut ketiaknya. Sebab, di masa lampau aktivitas tersebut memang ditujukan untuk memerangkap keringat dan mengeluarkan aroma khas lelaki yang membuatnya jadi lebih karismatik.

Ini lho Kenapa Rambut Ketiak Perlu Dibasmi! | Breaktime
Rambut ketiak dan keringat bikin bau badan tak sedap

Sayangnya, aktivitas tersebut di zaman modern seperti sekarang ini justru tak lagi berlaku. Membiarkan rambut ketiak tumbuh lebat tanpa dicabut atau dicukur justru akan menimbulkan aroma bau badan yang tak sedap.

Di bawah ketiak B’timers terdapat kelenjar apokrin yang berfungsi memproduksi keringat. Kelenjar ini juga terdiri dari lemak, protein, dan steroid yang bila tidak dijaga kebersihannya dan bercampur dengan keringat sudah pasti akan menimbulkan aroma menusuk hidung.

Selain itu, tanggapan dari kaum hawa soal rambut ketiak pada pria ini adalah sebagian besar ingin agar pria mencukurnya. Sebab, kebanyakan perempuan menilai rambut ketiak terlihat menjijikkan. Oleh karena itu, ada baiknya mulai mencabut atau mencukur rambut ketiak, ya.

Namun, bila Anda tak sanggup dengan rasa sakit saat mencabutnya, mencukur bisa jadi pilihan. Nah, berikut tips mencukur rambut ketiak yang terasa nyaman saat B’timers melakukannya:

Ini lho Kenapa Rambut Ketiak Perlu Dibasmi! | Breaktime
Gunakan shaving gel foam untuk mengurangi rasa sakit

Cukur selagi basah

Bila tak ingin merasa risih saat mencukur rambut ketiak, lakukan pada saat Anda mandi. Air hangat akan bikin rambut rambut ketiak jadi lebih lembut dan mudah untuk dibersihkan. Trik ini juga berlaku bila Anda ingin membasmi rambut ketiak sampai akarnya dengan cara mencabut.

Gunakan shaving gel

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan shaving gel yang berfungsi melembabkan dan melincinkan kulit ketiak. Dengan begitu, proses pencukuran akan jadi lebih mudah dan Anda terbebas dari risiko lecet dan iritasi.

Nah, tak ada alasan lagi bagi B’timers untuk mangkir dari mencukur rambut ketiak, kan? Jangan sampai pasangan atau kolega Anda kabur hanya karena tak tahan dengan bau keringat ketiak, ya! (vsc)

Share This Article